Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Injil Hari Ini Katolik

Bacaan Injil Hari Ini Katolik

Apa Itu Persembahan Bayi di Gereja Dan Apakah Itu Alkitabiah?

"Yesus berkata," Biarkan anak-anak kecil itu datang kepadaku, dan jangan menghalangi mereka, karena kerajaan surga milik seperti ini. "- Matius 19:14

Anak-anak dan keluarga adalah inti dari Kerajaan Allah dan pesan Injil itu sendiri. Kisah Yesus dimulai dalam keluarga Yusuf dan Maria; pasangan muda ini harus melawan tentangan, gosip komunitas, dan tumbuh bersama secara rohani sambil percaya sepenuhnya pada janji-janji Tuhan. Selama saat-saat terakhirnya di kayu salib, Yesus terus menunjukkan arti yang dalam dari keluarga saat ia memastikan bahwa Maria dirawat dengan memberikan peran 'putranya' kepada Yohanes. Rumah, keluarga, dan tempat anak-anak di dalamnya tidak dapat disangkal menjadi dasar iman Kristen. Oleh karena itu, dedikasi bayi tidak hanya untuk bayi; itu untuk orang tua, keluarga, dan Gereja secara keseluruhan.

Bacaan Injil Hari Ini Katolik

Dedikasi bayi adalah saat-saat indah dalam kehidupan gereja di mana orang tua menghadirkan anak-anak mereka yang masih kecil di hadapan gereja dan mengabdikan diri untuk membesarkan anak itu di rumah yang saleh. Upacara-upacara ini dapat terjadi selama kebaktian gereja reguler atau mungkin acara terpisah. Di gereja yang lebih besar, kemungkinan akan ada banyak keluarga yang terwakili dan di gereja yang lebih kecil mungkin hanya satu keluarga. Dalam situasi apa pun, anggota gereja yang berkumpul setuju untuk bergabung dalam perjanjian dengan keluarga untuk mendorong, membantu, dan memperlengkapi mereka dalam membesarkan anak-anak mereka seperti di dalam tubuh Kristus.
Di Mana Alkitab Menyebut Penahbisan Bayi?

Bacaan Injil Hari Ini Katolik

Tidak ada rujukan khusus Alkitab tentang pengabdian bayi seperti yang diketahui dan dipraktikkan oleh orang Kristen zaman modern, tetapi ada banyak rujukan tentang unit keluarga dan kebutuhan untuk mendidik anak-anak dalam “cara yang harus mereka jalani” sehingga, “ketika mereka siap tua mereka tidak akan berpaling darinya ”(Amsal 22: 6). Dalam membaca Perjanjian Baru, sulit untuk mengatakan apakah atau bagaimana dedikasi bayi akan diamati. Namun, jelaslah bahwa membesarkan anak tidak diragukan lagi penting dalam kehidupan Gereja:

Bacaan Injil Hari Ini Katolik

"Anak-anak adalah warisan dari TUHAN, keturunan pahala dari dia" - Mazmur 127: 3.
“Kata Yesus,“ Biarlah anak-anak kecil itu datang kepadaku, dan jangan menghalangi mereka, karena Kerajaan Sorga adalah milik mereka ”- Matius 19:14.
“Perintah-perintah yang saya berikan kepada Anda hari ini harus ada di hati Anda. Buat mereka terkesan pada anak-anak Anda. Bicaralah tentang mereka ketika Anda duduk di rumah dan ketika Anda berjalan di sepanjang jalan, ketika Anda berbaring dan ketika Anda bangun ”- Ulangan 6: 6-7.

Tempat lain dalam Kitab Suci yang menyebutkan gagasan mendedikasikan anak adalah 1 Samuel 1:11, di mana Hana bersumpah untuk mempersembahkan putranya Samuel kepada Tuhan, dan Lukas 2:22, di mana kita melihat Maria dan Yusuf di Bait Suci mempersembahkan Yesus kepada Tuhan. . Ini hanyalah beberapa ayat yang berlaku untuk pengabdian anak-anak dan ayat-ayat yang sering menjadi bagian dari upacara pengabdian bayi. masih ada banyak, banyak sekali.

Praktik dedikasi bayi tampaknya muncul sebagai respons terhadap baptisan bayi yang dipraktikkan oleh Gereja Katolik. Di gereja-gereja ini, gagasan tentang bayi yang dibaptis ditolak, tetapi gagasan tentang upacara mempersembahkan bayi itu kepada Tuhan tidak. Untuk diketahui ada beberapa denominasi Protestan yang juga mempraktekkan baptisan bayi: Episkopal, Anglikan, Presbiterian, Lutheran, Metodis, dan beberapa denominasi Reformed antara lain.
Apa Perbedaan antara Baptisan Bayi dan Persembahan Bayi?

Bacaan Injil Hari Ini Katolik

Baptisan bayi dan dedikasi bayi tidaklah sama. Kedua upacara tersebut melibatkan orang tua yang menghadirkan anak-anak mereka yang masih bayi di hadapan gereja, tetapi ada teologi berbeda yang bekerja di antara keduanya. Secara umum, Baptis, non-denominasi, dan beberapa gereja Protestan lainnya mempraktikkan dedikasi bayi, sementara Katolik, Ortodoks, dan tradisi Protestan lainnya (beberapa disebutkan di atas) mengadakan upacara baptisan bayi di mana bayi 'dibaptis' ke dalam iman melalui percikan air . Menurut pandangan Baptis, dedikasi bayi bukanlah tindakan keselamatan, baptisan, atau keanggotaan gereja. Itu dilihat sebagai cara simbolis untuk membawa anak itu ke gereja dan membuat perjanjian untuk membesarkan anak di rumah yang saleh. Tidak ada air yang terlibat, karena menurut pandangan ini keselamatan dan baptisan adalah peristiwa yang akan datang kemudian ketika anak itu tumbuh dan menerima Kristus secara pribadi. Ini sering disebut 'baptisan orang percaya', seperti yang terjadi saat anak membuat pengakuan iman.

Untuk denominasi yang mempraktikkan baptisan bayi, air dilibatkan, dan bayi menjadi anggota gereja ketika mereka dibaptis. Gereja-gereja yang mempraktikkan bentuk baptisan ini memandangnya sebagai sakramen gereja. Dalam tradisi Katolik, baptisan bayi dipandang sebagai tindakan penyelamatan, membersihkan dosa asal dan menginisiasi anak ke dalam Gereja Katolik. Denominasi Protestan tidak memandang baptisan bayi sebagai tindakan keselamatan, melainkan memandang baptisan bayi sebagai sakramen alkitabiah yang mirip dengan sunat yang membutuhkan iman baik pada permulaan atau nanti. Pada saat bayi dibaptis, orang tua bertanggung jawab untuk mendidik anak di rumah yang saleh dan komunitas perjanjian di gereja; Gereja juga setuju untuk mendukung orang tua dan membesarkan anak di gereja.

Bacaan Injil Hari Ini Katolik

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah bahwa gereja-gereja yang berpusat pada Injil setuju bahwa baptisan adalah tanda perjanjian baru di Gereja yang didirikan oleh Yesus Kristus. Umat ​​Kristen yang setia bisa saja tidak setuju, bagaimanapun, pada istilah baptisan: baptisan bayi vs baptisan orang percaya. Para pendukung baptisan bayi akan menghubungkan contoh-contoh kitab suci tentang sunat dan penyertaan anak-anak dan keluarga dalam Perjanjian Lama dan Baru untuk teologi mereka membaptis bayi, sementara pendukung baptisan orang percaya akan mengutip contoh-contoh tulisan suci tentang orang dewasa yang dibaptis dalam baptisan Yohanes dan dalam baptisan. gereja mula-mula disertai dengan pengakuan iman. Alkitab tidak memerintahkan atau melarang pembaptisan anak-anak dalam Perjanjian Baru, oleh karena itu, Bacaan Injil Hari Ini Katolik  terserah pada gereja-gereja untuk memahami bagaimana mereka akan menyusun sakramen baptisan. Terlepas dari teologi mana yang Anda selaraskan, iman diperlukan untuk kedua jenis baptisan - seorang bayi yang dibaptis dibawa ke dalam komunitas perjanjian untuk dibesarkan dengan ajaran-ajaran Kristen, di mana diharapkan dan didoakan agar mereka memiliki hati yang diperbarui (hati mereka akan diubah oleh Roh Kudus dan mereka akan mengaku beriman). Pendukung baptisan orang percaya akan menunggu pengakuan iman sebelum dibaptis, oleh karena itu dedikasi bayi adalah cara untuk membawa anak ke gereja (di luar sakramen dan keanggotaan) dengan tujuan membesarkan mereka sesuai dengan kepercayaan Kristen.

Praktik baptisan bayi dan pembaktian bayi mungkin tampak serupa, tetapi keduanya memiliki implikasi teologis yang berbeda. Tidak ada yang melibatkan tindakan keselamatan (kecuali di Gereja Katolik), tetapi yang satu adalah sakramen baptisan yang akan membutuhkan iman di kemudian hari dan yang lainnya adalah dedikasi (bukan sakramen) juga diatur dalam harapan dan doa agar iman akan dihasilkan memimpin. untuk pembaptisan nanti.
Mengapa Gereja Masih Melakukan Penahbisan Bayi?

Apakah ada cukup makna dalam upacara tersebut untuk melanjutkan persembahan bagi bayi? Benar! Sebagian besar gereja mengadakan persembahan bayi, dan ini bisa menjadi acara yang berkesan dan bermakna bila dipandang sebagai cara untuk memperkuat keluarga dan menuangkan ke dalam kehidupan orang tua dan anak-anak. Salah satu cara terbaik untuk memikirkan dedikasi bayi bukan hanya sebagai peristiwa tunggal, tetapi yang pertama dalam sederet peristiwa yang menentukan kehidupan kita di dalam Kristus. Pastor Brian Haynes menyebut peristiwa ini Legacy Milestones. Dalam buku ini, 'The Legacy Path', dia menyebut ini bukan sebagai dedikasi bayi, tetapi sebagai 'dedikasi keluarga'. Menurut situsnya,

“Langkah pertama di jalur warisan adalah Dedikasi Keluarga. Ini adalah seminar dan upacara yang biasanya diadakan untuk orang tua yang memiliki anak antara usia lahir hingga satu tahun. Orang tua, melalui seminar wajib dua jam, belajar bagaimana menjadi pelatih iman utama bagi anak-anak mereka dan menerima tanggung jawab. Sumber dan kesempatan belajar disediakan bagi orang tua baru yang berkeinginan untuk mendedikasikan anak mereka kepada Tuhan. Selama upacara, badan gereja berkomitmen untuk bermitra dengan orang tua dalam pengembangan iman anak selama perjalanan ”.

Ini adalah pendekatan yang mendalam dan indah untuk semua yang bisa menjadi dedikasi bayi: bukan hanya acara 'lucu' simbolis, tetapi acara perjanjian yang benar-benar bermakna dan menegaskan di mana gereja setuju untuk mendukung dan mendorong keluarga ketika mereka berusaha untuk membesarkan anak-anak mereka di dalam Kristus.

Bahkan yang terbaik dari kita akan berjuang, terutama dalam hal membesarkan anak! Sungguh memilukan ketika kita melihat keluarga dengan jujur ​​mencoba yang terbaik untuk membesarkan anak-anak di rumah yang saleh, kemudian membuat kesalahan, dan merasa dihakimi karenanya. Jauh lebih buruk ketika mereka benar-benar diadili untuk itu. Dedikasi bayi (atau dedikasi keluarga) meminta gereja untuk menjauh dari penghakiman dan menjadi pemuridan. Kita adalah tubuh Kristus, dan semua keluarga kita adalah perpanjangan dari keluarga besarnya! Kami dirancang untuk membimbing dan berdoa bagi satu sama lain, dan ini adalah salah satu bagian dari melakukan hal itu. Sama seperti upacara pernikahan Kristen, persembahan bayi lebih dari sekedar acara cantik, tetapi inisiasi hubungan perjanjian. Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa persembahan bayi adalah hal konyol yang tidak perlu dilakukan gereja lagi, tetapi jika dilakukan dengan benar dan bijaksana, yang terjadi justru sebaliknya. Ketika kita mempertimbangkan kedalaman makna yang datang dari perjanjian semacam itu, dedikasi bayi tidak lagi hanya 'hal-hal yang masih kita lakukan', tetapi ditempatkan di antara momen paling bermakna dalam Bacaan Injil Hari Ini Katolik kehidupan gereja.

Kita hidup dalam budaya di mana anak-anak, keluarga, dan iman terus diserang, dan kita harus merangkul momen-momen penting ini untuk mengabdikan diri dan anak-anak kita kepada Tuhan. Masa depan keluarga kita dan masa depan Gereja bergantung padanya. Menyambut anak-anak ke dunia adalah salah satu kegembiraan terbesar kami dan setuju untuk terlibat dalam kehidupan mereka dan kehidupan orang tua mereka karena tubuh Kristus adalah salah satu penghargaan terbesar kami.

By Renungan Katolik Hari ini