Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Santa Barbara Kwon Hui

martir korea

Salah seorang dari 103 Martir Korea. Santa Barbara Kwon Hui adalah istri dari Santo Agustinus Yi Kwang-hon, ibu dari Santa Agatha Yi dan kakak ipar dari Yohanes Yi Kwang-nyol.

Ia lahir pada tahun 1794 dalam keluarga pagan dan dibabtis menjadi seorang Katolik bersama suaminya. Suami-isteri bangsawan ini mengambil risiko besar dengan menampung Uskup Imbert dan para misionaris yang bekerja di Korea. Mereka juga menjadikan rumah mereka yang besar untuk digunakan umat Katolik sebagai kelas katekumen dan tempat berkumpul untuk merayakan misa kudus.


Barbara bersama suami dan anak-anaknya ditangkap pada tanggal 8 April 1839. Iparnya yang bernama Yohanes Yi Kwang-nyol juga ditangkap dan dimasukkan ke penjara bersama mereka. Dalam penjara Barbara mengalami penyiksaan yang hebat. Dan yang paling menyiksa hatinya adalah ketika ia harus menyaksikan anak-anaknya yang masih kecil juga ikut dianiaya.


Santa Barbara Kwon Hui dihukum mati pada tanggal 3 September 1839.  Ia dipenggal bersama dengan lima orang martir Katolik lainnya di luar Pintu Gerbang Kecil Barat kota Seoul.

© Blogevan.com