Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Paus Fransiskus: Komunikator Kristiani dapat Membawa Harapan ke Dunia dalam Krisis

ROMA - Penting untuk memiliki media Kristiani yang memberikan liputan berkualitas tentang kehidupan gereja dan yang mampu membentuk hati nurani umat, kata Paus.

Komunikator Katolik profesional “harus menjadi pembawa harapan dan kepercayaan di masa depan. Karena hanya ketika masa depan disambut sebagai sesuatu yang positif dan mungkin, masa kini menjadi layak huni juga, ”katanya.

Paus menyampaikan pidatonya pada 18 September dalam audiensi pribadi di Vatikan dengan anggota staf Tertio, majalah mingguan Belgia yang mengkhususkan diri dalam perspektif Kristen dan Katolik. Publikasi cetak dan online merayakan ulang tahun ke-20 berdirinya.

“Di dunia tempat kita hidup, informasi merupakan bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari,” katanya. “Kualitasnya (informasi) memungkinkan kita lebih memahami masalah dan tantangan yang harus dihadapi dunia,” dan itu menginspirasi sikap dan perilaku orang.

“Kehadiran media Kristiani yang mengkhususkan diri pada informasi berkualitas tentang kehidupan gereja di dunia, yang mampu berkontribusi pada pembentukan hati nurani, sangatlah penting,” tambahnya.

Bidang "komunikasi adalah misi penting bagi gereja," kata paus, dan orang Kristen yang bekerja di bidang ini dipanggil untuk secara konkret menanggapi undangan Kristus untuk pergi keluar dan mewartakan Injil.

“Jurnalis Kristen wajib memberikan saksi baru dalam dunia komunikasi tanpa menyembunyikan kebenaran atau memanipulasi informasi.”

Media Kristiani juga membantu membawa suara gereja dan intelektual Kristen ke "lanskap media yang semakin sekuler untuk memperkaya dengan refleksi konstruktif."

Menjadi pembawa harapan dan kepercayaan di masa depan yang lebih baik juga dapat membantu orang membangun rasa harapan selama pandemi global ini, katanya.

Selama masa krisis ini, "penting bahwa alat komunikasi sosial berkontribusi untuk memastikan orang tidak sakit karena kesendirian dan dapat diberi kata-kata yang menghibur."

By: Blogevan.com
Blogevan.com
Blogevan.com Support selalu Kami untuk menulis Renungan dan Doa Harian Katolik melalui Donasi atau Donasi Online dengan cara mengklik satu kali salah satu iklan yang muncul.