Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Santa Klara dari Asisi: Pelindung Penyiaran Televisi

santa klara, televisi, santa pelindung
Santa Klara dari Assisi lahir dengan nama lengkap Chiara Offreduccio pada tahun 1194 dari orang tua kaya yang memiliki istana dan kastil besar di lereng Monte Subasio dekat Assisi. Dia ditetapkan untuk mengikuti tradisi keluarganya untuk menikahi seorang bangsawan, tetapi mengabaikan kekayaan keluarganya setelah mendengar Santo Fransiskus berkhotbah di Assisi ketika dia masih remaja.

Baca Juga:
Santo Bonaventura
Santa Hildegardis dari Bingen

Setelah mendengar Santo Fransiskus berkhotbah, dia memintanya untuk membantunya menjalani hidup sesuai dengan Injil. Pada malam Minggu Palem tahun 1212 pada usia 18 tahun, Santa Klara meninggalkan rumah orang tuanya dan pergi ke kapel kecil Portiuncula untuk bertemu Santo Fransiskus. Di sana dia memotong rambutnya dan gaunnya diganti dengan jubah dan kerudung polos.

Dia ditempatkan di biara biarawati Benediktin dan segera menemukan dirinya di biara di San Damiano di Assisi. Wanita lain datang untuk bergabung dengannya, di mana mereka hidup dalam kemiskinan, kesederhanaan, dan pengasingan, yang disebut "Wanita Miskin San Damiano." Akhirnya biara menjadi pusat Ordo Kedua Fransiskan Klara Miskin yang baru didirikan.

Baca Juga: Santa Katarina dari Siena

Ketika dia diangkat menjadi kepala biara, dia dengan keras mempertahankan cara hidup mereka, menolak para uskup dan paus yang ingin memaksakan aturan yang lebih lunak pada mereka. Urutannya tetap teguh: mereka tetap dalam kemiskinan, pergi tanpa alas kaki, tidur di tanah, tidak makan daging, dan mengamati hampir sumpah diam (puasa berbicara).

Baca Juga :
Santo Yusuf dari Cupertino
Santo Fransiskus dari Sales
Santo Thomas Aquinas

Selama tahun-tahun terakhir hidupnya, dia menderita kesehatan yang buruk dalam jangka waktu lama sebelum kematiannya. Tradisi saleh menyatakan bahwa pada suatu malam Natal di Assisi, dia terlalu sakit untuk menghadiri Misa dan diliputi emosi karena tidak dapat hadir untuk perayaan tersebut.

Dikatakan bahwa di tengah air mata kesedihannya, Roh Kudus memproyeksikan gambar Misa yang dirayakan di dinding kamarnya dan dia dapat mendengar nyanyian yang mengiringi upacara sakral.

Ketika televisi pertama kali keluar, Paus Pius XII mengenang tradisi saleh Santa Klara yang melihat proyeksi Misa Natal dirayakan jauh dan menganggapnya sebagai pelindung yang tepat untuk teknologi baru - yang secara harfiah berarti "penglihatan dari kejauhan".
Penemuan teknis yang sangat luar biasa yang merupakan kebanggaan manusia dari generasi kita adalah pemberian Tuhan, Pencipta kita, dari siapa semua karunia yang baik berasal: 'karena Dia tidak hanya melahirkan makhluk, tetapi menopang dan mendorong mereka setelah diciptakan.”- Pius XII
Pada hari Valentine tahun 1957, Pius XII mengeluarkan surat apostolik berjudul "Mewartakan Santa Klara Sebagai Pelindung Surgawi Televisi," yang secara resmi menjadikan Santa Klara pelindung penyiaran televisi.

Baca Juga: Bacaan Injil dan Renungan

Hari pestanya dirayakan setiap tahun pada tanggal 11 Agustus. Santo Klara dari Assisi, Pelindung Penyiaran Televisi, doakanlah kami!

By: Blogevan.com

Tag: #Kisah Santo Santa     #Berita    #Renungan Harian Katolik
Blogevan.com
Blogevan.com Support selalu Kami untuk menulis Renungan dan Doa Harian Katolik melalui Donasi atau Donasi Online dengan cara mengklik satu kali salah satu iklan yang muncul.