Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Santa Lidwina

Santa Lidwina
Santa Lidwina adalah pelindung penyakit. Dia lahir di Schiedam, Belanda, salah satu dari sembilan bersaudara dari seorang pekerja. Setelah cedera di masa mudanya, dia terbaring di tempat tidur dan menderita seumur hidupnya dari berbagai penyakit dan penyakit.

Baca Juga:
Santa Katarina dari Siena
Santo Athanasius dari Aleksandria
Santo Beda Venerabilis

Dia mengalami karunia mistik, termasuk penglihatan supernatural tentang surga, neraka, api penyucian, penampakan Kristus, dan stigmata. Thomas a Kempis menulis biografinya. Dia dikanonisasi oleh Paus Leo XIII pada tahun 1890. Lidwina jatuh saat seluncur es pada tahun 1396, ketika seorang teman bertabrakan dengannya dan menyebabkan tulang rusuknya patah di sisi kanan. Dari cederanya ini, dia tidak pernah sembuh. Abses terbentuk di dalam tubuhnya yang kemudian pecah dan menyebabkan penderitaan yang luar biasa bagi Lidwina.

Baca Juga:
Santo Efrem dari Suriah
Santo Antonius dari Padua
Bacaan Injil dan Renungan

Akhirnya, dia menderita serangkaian penyakit misterius yang jika dipikir-pikir sepertinya berasal dari tangan Tuhan. Lidwina dengan gagah berani menerima penderitaannya sebagai kehendak Tuhan dan mempersembahkan penderitaannya untuk dosa-dosa kemanusiaan. Beberapa penyakit yang mempengaruhi Lidwina adalah sakit kepala, muntah, demam, haus, luka baring, sakit gigi, kejang otot, kebutaan, neuritis dan stigmata. Hari pestanya adalah 14 April.

By: Blogevan.com

Tag: #Kisah Santo Santa     #Berita    #Renungan Harian Katolik