Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Santo Alexius dari Roma

Santo Alexius

Alexius adalah satu-satunya putra senator Romawi yang kaya. Ayahnya adalah seorang bangsawan kaya. Namun, bagi Santo Alexius semua harta kekayaan ayahnya itu tidak dapat memberikan kebahagiaan. Dari orang tua Kristennya yang baik, dia belajar menjadi dermawan kepada orang miskin. Alexius ingin menyerahkan kekayaan dan kehormatannya, tetapi orang tuanya telah memilih pengantin wanita yang kaya untuknya. Karena itu adalah keinginan mereka, dia menikahinya. Namun tepat pada hari pernikahannya, dia memperoleh izin untuk meninggalkannya demi Tuhan. Kemudian, dengan menyamar, dia pergi ke Suriah di Timur dan hidup dalam kemiskinan yang parah, Santo Alexius biasanya meminta-minta di gerbang Gereja Santa Maria di Edessa.

BACA JUGA : Kisah Santo Bonaventura

Suatu hari, setelah tujuh belas tahun, foto Bunda Maria berbicara untuk memberitahu orang-orang bahwa pengemis ini sangat suci. Dia memanggilnya "abdi Allah". ketika dia menjadi terkenal, yang merupakan hal terakhir yang dia inginkan, Setelah lama tinggal dia kembali ke Roma. Dia datang sebagai pengemis ke rumahnya sendiri. Orang tuanya tidak mengenalinya, karena kondisi tubuhnya yang kurus tetapi mereka sangat baik kepada semua orang miskin sehingga mereka membiarkan dia tinggal di sana. Di pojok bawah tangga, Santo Alexius hidup selama tujuh belas tahun.

BACA JUGA : Kisah Santa Hildegardis dari Bingen

Dia biasa pergi keluar hanya untuk berdoa di gereja dan untuk mengajar anak-anak kecil tentang Tuhan. Para pelayan seringkali sangat kejam kepadanya, dan meskipun dia bisa mengakhiri semua penderitaan ini hanya dengan memberi tahu ayahnya siapa dia, dia memilih untuk tidak mengatakan apa-apa. Betapa besar keberanian dan kekuatan kemauan yang dibutuhkan!

BACA JUGA : Bacaan Injil dan Renungan Hari Ini

Setelah Santo Alexius meninggal, saudara-saudaranya mengetahui dia dari sepucuk surat yang ditinggalkan Alexius kepada mereka. Sebuah catatan yang memberi tahu mereka siapa dia dan bagaimana dia menjalani kehidupan penebusan dosa dari hari pernikahannya sampai saat itu, demi cinta Tuhan.


By: Blogevan.com

Tag: #Kisah Santo Santa    #Berita Katolik Hari ini     #Renungan Harian Katolik