Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Santo Beda Venerabilis

Beda Venerabilis
Santo Beda Venerabilis adalah sarjana bahasa Inggris yang pertama. Ia lahir di Northumbria (menurut tradisi, di Monkton, Durham, timur Newcastle) 672 atau 673 dan meninggal di biara Jarrow pada 25 Mei 735. Hampir semua yang diketahui tentang hidupnya tercantum dalam pemberitahuan yang ditambahkan oleh dirinya sendiri terhadap karya besarnya Historia ecclesiastica (v, 24), yang menyatakan bahwa ia ditempatkan di biara di Wearmouth pada usia tujuh tahun, bahwa ia menjadi diaken pada usia sembilan belas tahun, dan imam pada usia tiga puluh.

Dia dilatih oleh kepala biara Benediktus Biscop dan Ceolfrid, dan mungkin menemani yang terakhir ke Jarrow pada tahun 682. Di sana dia menghabiskan hidupnya, menemukan kesenangan utamanya karena selalu sibuk dalam belajar, mengajar, atau menulis, dan bersemangat dalam pertunjukan biara. tugas.

Karya-karyanya menunjukkan bahwa dia memiliki semua pembelajaran di masanya. Dia mahir dalam literatur patristik, dan mengutip dari Puny the Younger, Vergil, Lucretius, Ovid, Horace, dan penulis klasik lainnya, tetapi dengan beberapa ketidaksetujuan. Dia tahu bahasa Yunani dan sedikit bahasa Ibrani. Bahasa Latinnya jelas dan tanpa kepura-puraan, dan dia adalah pendongeng yang terampil.

Karya-karyanya tersebar luas di seluruh Eropa dan sangat dihargai sehingga dia memenangkan nama "guru Abad Pertengahan".

Bede dikenal sebagai Yang Mulia Bede segera setelah kematiannya, tetapi ini tidak terkait dengan pertimbangan untuk menjadi santo oleh Gereja Katolik Roma. Beasiswa dan pentingnya Katolik diakui pada tahun 1899 ketika ia dinyatakan sebagai Doktor Gereja.

By: Blogevan.com