Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Santo Bonaventura

Bonaventura
Santo Bonaventura, yang dikenal sebagai "dokter serafik", lahir di Bagnorea di Tuscany, pada tahun 1221. Ia menerima nama Bonaventura sebagai akibat dari seruan Santo Fransiskus dari Assisi, ketika, sebagai tanggapan atas permohonan ibu si anak, orang suci itu berdoa untuk kesembuhan John dari penyakit yang berbahaya, dan, melihat kebesaran John kecil di masa depan, berteriak “O Buona ventura” -O keberuntungan!

Pada usia dua puluh dua Santo Bonaventura masuk Ordo Fransiskan. Setelah mengikrarkan kaul, dia dikirim ke Paris untuk menyelesaikan studinya di bawah bimbingan doktor terkenal Alexander dari Hales, seorang Inggris dan seorang Fransiskan. Setelah kematiannya, dia melanjutkan perjalanannya di bawah penggantinya, John dari Rochelle. Di Paris ia menjadi teman dekat dari St. Thomas Aquinas yang agung. Dia menerima gelar Doktor, bersama dengan Santo Thomas Aquinas, yang menyerahkan kepada temannya terhadap kecenderungan yang terakhir, kehormatan karena itu diberikan kepadanya. Seperti Santo Thomas Aquinas, dia menikmati persahabatan dengan Raja Suci, St. Louis.

Pada usia tiga puluh lima tahun ia dipilih sebagai Jenderal Ordo dan memulihkan ketenangan sempurna di mana perdamaian telah diganggu oleh perselisihan internal. Dia melakukan banyak hal untuk Ordo dan menggubah The Life of St. Francis. Ia juga membantu penerjemahan relikwi Santo Antonius dari Padua. Dia dinominasikan sebagai Uskup Agung York oleh Paus Clement IV, tetapi dia memohon agar tidak dipaksa untuk menerima martabat itu. Paus Gregorius X mewajibkan dia untuk mengambil alih dirinya yang lebih besar, yaitu Kardinal dan Uskup dari Albano, salah satu dari enam Penguasa sufragan Roma. Sebelum kematiannya ia melepaskan jabatannya sebagai Jenderal Ordo Fransiskan. Dia meninggal saat dia membantu di Konsili Lyons Kedua, pada 15 Juli 1274.

By: Blogevan.com
Blogevan.com
Blogevan.com Support selalu Kami untuk menulis Renungan dan Doa Harian Katolik melalui Donasi atau Donasi Online dengan cara mengklik satu kali salah satu iklan yang muncul.