Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Santo Efrem dari Suriah

santo, efrem
Penyair, guru, orator dan pembela iman, Santo Efrem adalah satu-satunya orang Suriah yang diakui sebagai doktor Gereja. Dia mengambil sendiri tugas khusus untuk menentang banyak doktrin palsu yang merajalela pada masanya, selalu menjadi pembela Gereja Katolik yang sejati dan kuat.

Lahir di Nisibis, Mesopotamia, dia dibaptis saat masih muda dan menjadi terkenal sebagai guru di kota asalnya. Ketika kaisar Kristen harus menyerahkan Nisibis kepada Persia, Efrem, bersama dengan banyak orang Kristen, melarikan diri sebagai pengungsi ke Edessa. Dia dikreditkan dengan menarik kemuliaan besar ke sekolah alkitabiah di sana. Dia ditahbiskan sebagai diaken tetapi menolak menjadi imam (dan dikatakan menghindari penahbisan uskup dengan berpura-pura gila!).

Dia memiliki pena yang produktif dan tulisannya paling baik menerangi kekudusannya. Meskipun dia bukan orang yang sangat terpelajar, karyanya mencerminkan wawasan dan pengetahuan yang mendalam tentang Kitab Suci. Dalam menulis tentang misteri penebusan umat manusia, Efrem mengungkapkan semangat yang realistis dan simpatik manusiawi dan pengabdian yang besar kepada kemanusiaan Yesus. Dikatakan bahwa kisah puitisnya tentang Penghakiman Terakhir menginspirasi Dante.

Mengejutkan untuk membaca bahwa dia menulis himne melawan bidat pada zamannya. Dia akan membawakan lagu-lagu populer dari kelompok-kelompok sesat dan, dengan menggunakan melodi mereka, membuat himne-himne indah yang mewujudkan doktrin ortodoks. Efrem menjadi salah satu orang pertama yang memperkenalkan lagu ke dalam ibadat umum Gereja sebagai sarana pengajaran bagi umat beriman. Banyak himne yang membuatnya mendapatkan gelar "Harpa dari Roh Kudus."

Dia lebih suka hidup sederhana dan keras, tinggal di gua kecil yang menghadap ke kota Edessa. Di sinilah dia meninggal sekitar 373.

By: Blogevan.com