Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Santo Eustachius: Pelindung Para Pemburu

Santo Eustachius

Kisah Santo Eustachius diceritakan bagaimana seorang jenderal Romawi bernama Placidus pernah keluar berburu. Dia mengejar rusa jantan, yang tiba-tiba berbalik dan mendekatinya. Di antara tanduk rusa jantan, Placidus melihat sebuah salib. Sebuah suara memanggil namanya. Selama penglihatan itu dia menerima sebuah nubuat: “Aku adalah Yesus yang kamu hormati tanpa menyadarinya…” dan bahwa dia akan menderita bagi Kristus. Dia dibaptis bersama istri dan dua putranya, dan diberi nama Eustachius (atau Eustace).

BACA JUGA: Santa Sesilia: Santa Pelindung Pemusik

Dikecam sebagai seorang Kristen, dia kehilangan hartanya, jatuh miskin, dan penguasa Romawi mengambil istri dan anak-anaknya. Namun, sebagai seorang jenderal yang cakap, dia dipanggil kembali oleh Trajan untuk membantu mengusir orang barbar dari Roma, dan dia melakukannya.

Pada saat ini keluarganya telah menjadi Kristen juga, dan mereka berempat - Santo Eustachius, istrinya Theopista, dan putranya Agapetus dan Theopestus - menolak untuk berkorban kepada dewa pagan dalam perayaan setelah kemenangannya sendiri.

Ketika mereka menolak, Trajanus yang marah memerintahkan mereka untuk dilemparkan ke singa. Kucing besar bermain seperti anak kucing di sekitar mereka, jadi mereka dibawa ke colosseum di Roma, terbungkus dalam banteng perunggu, dan dipanggang sampai mati.

BACA JUGA: Bacaan Injil dan Renungan Hari ini

Santo Eustachius adalah salah satu dari Empat Belas Pembantu Suci, dan dia dihormati sebagai pelindung para pemburu. Dia digambarkan dalam pakaian seorang bangsawan bersama dengan rusa jantan dengan salib di antara tanduknya.

By: Blogevan.com

Tag: #Kisah Santo Santa     #Berita Katolik Hari ini    #Renungan Harian Katolik
Blogevan.com
Blogevan.com Support selalu Kami untuk menulis Renungan dan Doa Harian Katolik melalui Donasi atau Donasi Online dengan cara mengklik satu kali salah satu iklan yang muncul.