Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Santo Florianus

Santo Florianus
Santo Florianus yang diperingati dalam Martyrologi Romawi pada tanggal 4 Mei, adalah seorang perwira tentara Romawi, yang menduduki jabatan administrasi tinggi di Noricum, sekarang bagian dari Austria, dan yang menderita kematian karena Iman pada zaman Diokletianus.

Baca Juga :
Santo Alexius
Santa Hildegardis dari Bingen

"Kisah" legendarisnya menyatakan bahwa dia menyerahkan dirinya di Lorch kepada tentara Aquilinus, gubernur, ketika mereka mengumpulkan orang-orang Kristen, dan setelah membuat pengakuan yang berani, dia dua kali dicambuk, setengah dikuliti hidup-hidup, dibakar , dan akhirnya dibuang ke sungai Enns dengan sebuah batu di lehernya. Tubuhnya, ditemukan dan dimakamkan oleh seorang wanita saleh, akhirnya dipindahkan ke Biara Augustinian Santo Florianus, dekat Linz.

Baca Juga:
Santo Efrem dari Suriah
Santo Antonius dari Padua

Dikatakan di kemudian hari telah diterjemahkan ke Roma, dan Paus Lucius III, pada tahun 1138, memberikan beberapa relik santo itu kepada Raja Casimir dari Polandia dan kepada Uskup Cracow. Sejak saat itu, Santo Florianus telah dianggap sebagai pelindung Polandia serta Linz, Austria Atas dan petugas pemadam kebakaran.

Baca Juga: Bacaan Injil dan Renungan

Ada devosi populer kepada Santo Florianus di banyak bagian Eropa Tengah, dan tradisi tentang kemartirannya, tidak jauh dari tempat Enn mengalir ke sungai Donau, adalah kuno dan dapat diandalkan. Banyak mukjizat penyembuhan dikaitkan dengan perantaraannya dan dia dipanggil sebagai pelindung yang kuat dari bahaya api atau air. Dia adalah pelindung Pemadam Kebakaran Hari pestanya adalah 4 Mei.

By: Blogevan.com

Tag: #Kisah Santo Santa    #Berita     #Renungan Harian Katolik
Blogevan.com
Blogevan.com Support selalu Kami untuk menulis Renungan dan Doa Harian Katolik melalui Donasi atau Donasi Online dengan cara mengklik satu kali salah satu iklan yang muncul.