Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Santo Leonard dari Noblac

Santo Leonard
Santo Leonard lahir dari bangsawan Frank di abad ke-5. Dia adalah bagian dari istana Raja Clovis I yang kafir saat itu. Ratu menyarankan kepada Leonard, mungkin sebagai lelucon, bahwa dia memohon bantuan Tuhannya untuk mengusir tentara yang menyerang istananya. Leonard pun berdoa, gelombang pertempuran berbalik, dan Raja Clovis I akhirnya menang.

BACA JUGA : Kisah Santo Bonaventura

Uskup Agung Santo Remigius dari Rheims menggunakan keajaiban ini untuk mengubah Raja, Leonard, dan seribu pengikutnya menjadi Kristen. Ini adalah pertobatan yang sangat penting dalam sejarah Eropa dan membawa Kekristenan sepenuhnya ke tempat yang sekarang disebut Prancis. Clovis adalah pendiri dinasti Merovingian.

Saat dia  menjadi Kristen bersama dengan raja, pada Natal 496. Leonard meminta Clovis untuk memberinya secara pribadi hak untuk membebaskan tahanan yang dia anggap layak, kapan saja.

BACA JUGA : Kisah Santo Florianus

Leonard memastikan pembebasan sejumlah tahanan, yang untuknya dia telah menjadi santo pelindung , kemudian, menolak tawaran keuskupan — hak prerogatif bangsawan Merovingian — dia memasuki biara di Micy dekat Orléans , di bawah arahan Saint Mesmin dan Saint Lie . Kemudian, menurut legenda, Leonard menjadi seorang pertapa di hutan Limousin , di mana dia mengumpulkan sejumlah pengikut. Melalui doanya ratu kaum Frank dengan selamat dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan sebagai imbalannya Leonard diberi tanah kerajaan di Noblac, 21 km (13 mil) dari Limoges. Di sana ia mendirikan biara Noblac, di mana sebuah desa dibangun dan dinamai Saint-Léonard-de-Noblat untuk menghormatinya .

BACA JUGA : Kisah Santo Antonius dari Padua

Santo Leonard pergi ke sel tahanan dan memutuskan rantai yang mengikat para tahanan. Para tahanan melihat langsung Santo Leonard memutuskan rantai tahanan  di depan mata mereka sendiri. Banyak yang datang kepadanya setelah itu, para tahanan membawa rantai berat dan besi untuk dipersembahkan sebagai penghormatan. Sejumlah besar tahanan menjadi pengikutnya dan dia memberi mereka sebagian dari hutan Limousin yang luas untuk ditebangi dan dipersiapkan untuk pekerjaan di ladang, agar mereka bisa hidup jujur.

BACA JUGA : Kisah Santa Katarina dari Siena 

Santo Leonard memulai kehidupan yang keras, pengudusan, dan berkhotbah. Keinginannya untuk mengenal Tuhan tumbuh sampai dia memutuskan untuk masuk biara di Orleans, Prancis. Saudaranya, Santo Lifiard, mengikuti teladannya dan meninggalkan istana kerajaan, membangun sebuah biara di Meun, dan tinggal di sana. Leonard menginginkan pengasingan lebih lanjut, dan dengan demikian mundur ke dalam hutan Limousin, mengubah banyak orang dalam perjalanan, dan hidup dari tumbuhan, buah-buahan liar, dan mata air hutan.

BACA JUGA : Kisah Santo Thomas Aquinas

Dia membuat sendiri pidatonya, meninggalkan segalanya untuk hidup mengenal Tuhan. Para tahanan memohon untuk tinggal bersamanya dan belajar darinya, dan sebuah biara dibuat di sekitar pertapaannya. Santo Leonard memiliki belas kasih yang besar bagi para tahanan, membebaskan mereka dan mengubah mereka menjadi orang yang berguna.

BACA JUGA : Bacaan Injil dan Renungan Hari Ini

Setelah kematiannya, gereja didedikasikan untuknya di Prancis, Inggris, Belgia, Spanyol, Italia, Swiss, Jerman, Bohemia, Polandia, dan negara-negara lain. Peziarah berbondong-bondong ke makamnya, dan di satu kota kecil di Bavaria ada catatan 4.000 bantuan yang diberikan melalui perantaraan Santo Leonard.

Santo Leonard adalah pelindung para tahanan, tawanan perang, tukang kunci, dan penambang.

By: Blogevan.com

Tag: #Kisah Santo Santa #Berita Katolik Hari ini #Renungan Harian Katolik