Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Silakan klik pada tanggal untuk mendapatkan bacaan secara lengkap

Kalender Liturgi Juni - 2021

MinSenSelRabKamJumSab
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930   

Uskup Polandia Berharap Santo Yohanes Paulus II Dinobatkan sebagai Pelindung Eropa dan Doktor Gereja

Santo Yohanes Paulus II
Kepala Konferensi Uskup Polandia menyerukan keuskupan lain untuk mendukung Yohanes Paulus II menjadi dokter gereja dan pelindung Eropa.

Uskup Agung Stanislaw Gadecki adalah Presiden Konferensi Uskup Polandia dan wakil ketua Dewan Konferensi Waligereja Eropa.

Kemarin, Gadecki mengirim surat yang ditujukan kepada semua konferensi uskup di seluruh dunia, meminta mereka mendukung tujuan untuk menamai Paus Santo Yohanes Paulus II sebagai Doktor Gereja dan pelindung bersama Eropa.

Dalam suratnya, Gadecki mengatakan kepausan Yohanes Paulus II "dibawa kembali dari ketiadaan" budaya dan warisan Katolik Eropa.

Lima puluh tahun dominasi Soviet di Eropa Tengah-Timur memberikan gambaran di benak banyak orang Eropa yang hanya terdiri dari Jerman, Prancis, Inggris, Italia, dan negara-negara Skandinavia. Orang mungkin mengatakan bahwa Yohanes Paulus II 'membawa kembali' setengah dari Eropa dari 'tidak ada', dia membawa kembali warisan budaya dan Kristen yang agung dan indah."

Gadecki berkata melalui pengakuannya atas warisan umum agama Kristen di Eropa, Yohanes Paulus II menjadi pelindung Eropa.

“Paus Polandia tahu bahwa krisis budaya saat ini adalah seruan penting untuk kembali secara bijak ke warisan sejarah bersama yaitu Kekristenan. Dalam hal ini, santo Paus menjadi pelindung nilai-nilai Eropa yang merupakan fondasi yang tak tergoyahkan dari peradaban zaman modern. Dua puluh tujuh tahun kepausan Paus Yohanes Paulus II adalah terobosan bagi Gereja dan dunia baik dalam hal ajaran dan pengaruh sosialnya.”
Pada pesta mendiang paus di bulan Oktober tahun lalu, Gadecki juga mengirim surat kepada Paus Fransiskus yang meminta agar Yohanes Paulus II diangkat sebagai Doktor Gereja dan pelindung bersama Eropa. Awal bulan yang sama, Konferensi Uskup Polandia setuju untuk membuka alasan kanonisasi bagi Karol dan Emilia Wojtyła, orang tua mendiang paus.

By: Blogevan.com

 => Daftar Bacaan dan Renungan Harian Bulan Juni 2021