Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Katolik Hari ini, Jumat 9 Oktober 2020

Renungan Katolik Hari ini

Bacaan Injil (Lukas 11:15-26)

Pada suatu kali Yesus mengusir dari seorang suatu setan yang membisukan. Ketika setan itu keluar, orang bisu itu dapat berkata-kata. Maka heranlah orang banyak. Tetapi ada di antara mereka yang berkata: "Ia mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, penghulu setan." Ada pula yang meminta suatu tanda dari sorga kepada-Nya, untuk mencobai Dia. Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka lalu berkata: "Setiap kerajaan yang terpecah-pecah pasti binasa, dan setiap rumah tangga yang terpecah-pecah, pasti runtuh. Jikalau Iblis itu juga terbagi-bagi dan melawan dirinya sendiri, bagaimanakah kerajaannya dapat bertahan? Sebab kamu berkata, bahwa Aku mengusir setan dengan kuasa Beelzebul.


Jadi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, dengan kuasa apakah pengikut-pengikutmu mengusirnya? Sebab itu merekalah yang akan menjadi hakimmu. Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu. Apabila seorang yang kuat dan yang lengkap bersenjata menjaga rumahnya sendiri, maka amanlah segala miliknya. Tetapi jika seorang yang lebih kuat dari padanya menyerang dan mengalahkannya, maka orang itu akan merampas perlengkapan senjata, yang diandalkannya, dan akan membagi-bagikan rampasannya. Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan." "Apabila roh jahat keluar dari manusia, ia pun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian, dan karena ia tidak mendapatnya, ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu. Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu bersih tersapu dan rapi teratur. Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya, dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula."



Renungan

Injil Hari ini mengajarkan kepada kita untuk tidak boleh menuduh dan memberikan penilaian negatif atas orang lain, apalagi tuduhan itu tidak berdasar sama sekali. Apalagi kalau disertai dengan intrik atau motof negatif untuk menghancurkan nama baik seseorang. Orang-orang Farisi menuduh Yesus menggunakan kuasa Beelzebul tatkala Dia menyembuhkan orang sakit dan mengusir setan. Yesus mengecam tuduhan itu dengan jawaban yang amat sangat menohok. Mestinya mereka langsung sadar akan kekeliruan mereka dan bertobat. Namun, dalam praktiknya tidak kelihatan sama sekali nilai pertobatan yang mereka tunjukan. Mungkin kita juga memiliki kecendrungan yang sama, suka menuduh berpikir negatif atau Negative Thingking. Mari kita belajar untuk berbenah diri dalam aspek ini sembari memohon kekuatan Tuhan melalui Bunda Maria.

Blogevan.com
Blogevan.com Support selalu Kami untuk menulis Renungan dan Doa Harian Katolik melalui Donasi atau Donasi Online dengan cara mengklik satu kali salah satu iklan yang muncul.