Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Santo Foillan (31 Oktober)

Santo Foillan

Foillan adalah seorang biarawan Irlandia yang hidup pada abad ketujuh. Kedua saudaranya juga telah dimaklumkan sebagai santo. Mereka adalah sebagian dari banyak santo dari Irlandia yang berkobar-kobar dalam semangat. Mereka meninggalkan tanah air guna membantu negeri-negeri lain yang memiliki lebih sedikit imam dibandingkan Irlandia.

St Foillan, St Fursey dan St Ultan terlebih dahulu pergi ke Inggris. Mereka mendirikan sebuah biara di Benteng Burgh. Dari tempat ini, mereka melakukan karya-karya misionaris di kalangan penduduk East Angles. Ketika para penyerang wilayah itu merampok segala yang dimiliki biara, St Foillan dan St Ultan memutuskan untuk mewartakan Injil di Perancis. Saudara mereka yang lain, St Fursey, telah bekerja sebagai seorang misionaris dan wafat di sana.

Raja Clovis II menyambut kedua misionaris kudus itu sebagaimana ia menyambut saudara mereka yang datang sebelumnya. Beata Itta dan puterinya memberikan sebidang tanah kepada Foillan. Santa Getrudis memintanya untuk berkhotbah kepada para biarawati di biara di mana ia menjabat sebagai pemimpin biara. Foillan melakukanya dan mendatangkan pengaruh besar atas mereka. Ia juga melakukan karya misionaris di tengah masyarakat. Sesungguhnya, Foillan adalah seorang santo Irlandia yang sangat terkenal di Eropa.

Suatu hari, seusai mempersembahkan Misa untuk Santa Gertrude dan para biarawatinya, Foillan berangkat bersama tiga orang rekan untuk suatu perjalanan. Mereka hendak menengok St.Ultan yang tengah mewartakan Injil di daerah lain. Sementara melintasi suatu hutan, mereka diserang oleh segerombolan penyamun dan mati terbunuh. Tiga bulan kemudian barulah tubuh mereka diketemukan. St.Getrudis memakamkannya dengan penuh hormat di biara yang didirikan Foillan.

© Blogevan.com
Sumber :
katakombe.org
Blogevan.com
Blogevan.com Download App di Play Store Klik Disini