Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Silakan klik pada tanggal untuk mendapatkan bacaan secara lengkap

Kalender Liturgi Juni - 2021

MinSenSelRabKamJumSab
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930   

Santo Mammes

Santo Mammes
Santo Mammes (mamas) adalah salah seorang para martir besar. Lahir di penjara dari orang tua yang pernah dipenjara karena beragama Kristen, Mamas menjadi yatim piatu ketika orang tuanya dieksekusi. Setelah orang tuanya meninggal, Mamas dibesarkan oleh seorang janda kaya bernama Ammia, yang meninggal pada usia 15 tahun.

Mamas disiksa karena keyakinannya oleh gubernur Kaisarea dan kemudian dikirim ke hadapan Kaisar Romawi Aurelian, yang menyiksanya lagi. Legenda Mamas menyatakan bahwa seorang malaikat kemudian membebaskannya dan memerintahkannya untuk bersembunyi di sebuah gunung dekat Kaisarea.

Mamas kemudian dilempar ke singa, tetapi berhasil membuat binatang itu jinak. Dia berkhotbah kepada binatang di ladang, dan seekor singa tetap bersamanya sebagai teman. Ditemani oleh singa, dia mengunjungi Duke Alexander, yang menghukum mati dia. Dia dipukul di perut dengan trisula. Berdarah, Mamas menyeret dirinya ke suatu tempat di dekat teater sebelum jiwanya dibawa ke surga oleh malaikat.

Pusat pemujaannya terletak di Kaisarea sebelum pindah ke Langres ketika reliknya dibawa ke sana pada abad ke-8. Cathédrale Saint-Mammès, di Langres, didedikasikan untuknya. Mamas adalah pelindung utama keuskupan.

Santo Mamas juga seorang santo yang populer di Lebanon dengan banyak gereja dan biara dinamai untuk menghormatinya. Dia adalah santo pelindung Deir Mimas di Lebanon dan Kfarhata, yang berbatasan dengan Zgharta. Gereja Gereja Saint Mamas di Ehden dibangun pada 749 sesudah masehi dan merupakan salah satu gereja Katolik Maronit tertua di Lebanon. Lebanon juga merupakan rumah bagi Gereja Saint Mamas di Baabdat, yang dibangun pada abad ke-16.

 => Daftar Bacaan dan Renungan Harian Bulan Juni 2021