Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Santo Petrus Claver

Santo Petrus Claver
Petrus Claver lahir di Verdu, Catalonia, Spanyol, pada tahun 1580, dari orang tua miskin yang diturunkan dari keluarga kuno dan terpandang. Ia belajar di perguruan tinggi Yesuit di Barcelona, ​​masuk novisiat Yesuit di Tarragona pada 1602 dan mengucapkan kaul terakhirnya pada 8 Agustus 1604. Saat belajar filsafat di Majorca, religius muda itu dipengaruhi oleh St Alphonsus Rodriguez untuk pergi ke Hindia dan menyelamatkan "jutaan jiwa yang binasa."

Pada 1610, dia mendarat di Cartagena (Kolombia modern), pasar budak utama Dunia Baru, tempat seribu budak mendarat setiap bulan. Setelah ditahbiskan pada tahun 1616, ia mengabdikan dirinya dengan sumpah khusus untuk melayani para budak Negro - sebuah pekerjaan yang berlangsung selama tiga puluh tiga tahun. Dia bekerja tanpa henti untuk keselamatan budak Afrika dan penghapusan perdagangan budak Negro, dan cinta yang dia curahkan pada mereka adalah sesuatu yang melampaui tatanan alam.

Menaiki kapal budak saat mereka memasuki pelabuhan, dia akan bergegas ke neraka yang menjijikkan di palka, dan menawarkan makanan ringan apa pun yang dia mampu; dia akan merawat yang sakit dan sekarat, dan mengajar para budak melalui katekis Negro sebelum memberikan Sakramen. Melalui usahanya tiga ratus ribu jiwa memasuki Gereja. Lebih jauh, dia tidak melupakan para petobatnya ketika mereka meninggalkan kapal, tetapi mengikuti mereka ke perkebunan tempat mereka dikirim, mendorong mereka untuk hidup sebagai orang Kristen, dan membujuk tuan mereka untuk memperlakukan mereka secara manusiawi. Dia meninggal pada 1654.

Admin
Admin Permudah akses Anda membaca dengan mendownload Aplikasi di Play Store. Klik Disini