Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Santo Yohanes Eudes

Santo, Yohanes Eudes
Santo Yohanes Eudes lahir di Ri, Normandy, Prancis, pada tanggal 14 November 1601, putra seorang petani. Dia pergi ke perguruan tinggi Yesuit di Caen ketika dia berusia 14 tahun, dan terlepas dari keinginan orang tuanya agar dia menikah, dia bergabung dengan Kongregasi Oratori Prancis pada tahun 1623. Dia belajar di Paris dan di Aubervilliers, ditahbiskan pada tahun 1625, dan bekerja sebagai seorang sukarelawan, merawat para korban tulah yang melanda Normandia pada tahun 1625 dan 1631, dan menghabiskan dekade berikutnya memberikan Misi, membangun reputasi sebagai pengkhotbah dan pengakuan dosa yang luar biasa dan untuk penentangannya terhadap Jansenisme (Jansenisme merupakan sebuah teologi dan pergerakan yang muncul pada masanya untuk menyerang pokok-pokok teologi etika para Yesuit).

Dia menjadi tertarik untuk membantu wanita yang jatuh, dan pada 1641, bersama Madeleine Lamy, mendirikan tempat perlindungan bagi mereka di Caen di bawah arahan Visitandines. Dia mengundurkan diri dari Oratorian pada tahun 1643 dan mendirikan Kongregasi Yesus dan Maria (Eudist) di Caen, terdiri dari para imam sekuler yang tidak terikat oleh sumpah tetapi didedikasikan untuk meningkatkan klerus dengan mendirikan seminari yang efektif dan untuk misi pemberitaan. Yayasannya ditentang oleh Oratorian dan Jansenis, dan dia tidak dapat memperoleh persetujuan Paus untuk itu, tetapi pada tahun 1650, Uskup Coutance mengundangnya untuk mendirikan seminari di keuskupan itu. Pada tahun yang sama para suster di tempat perlindungannya di Caen meninggalkan Visitandines dan diakui oleh Uskup Bayeux sebagai kongregasi baru dengan nama Suster Our Lady of Charity of the Refuge.

Santo Yohanes Eudes mendirikan seminari di Lisieux pada 1653 dan Rouen pada 1659 dan tidak berhasil karena tidak mendapatkan persetujuan Paus atas kongregasinya, tetapi pada 1666 para suster Pengungsi menerima persetujuan Paus Alexander III sebagai institut untuk merebut kembali dan merawat wanita bandel yang bertobat. Santo Yohanes Eudes terus memberikan misi dan mendirikan seminari baru di Evreux pada tahun 1666 dan Rennes pada tahun 1670.

Ia berbagi dengan Santa Margareta Maria Alacoque kehormatan untuk memulai devosi kepada Hati Kudus Yesus (ia menyusun Misa untuk Hati Kudus pada tahun 1668) dan Hati Kudus Maria, mempopulerkan devosi dengan "Devosi pada Hati Yesus yang Terkasih" (1670) dan "Hati Mulia Bunda Allah Yang Mahakudus", yang ia selesaikan sebulan sebelum kematiannya di Caen pada 19 Agustus . Santo Yohanes Eudes dikanonisasi pada tahun 1925. Hari pestanya adalah tanggal 19 Agustus.
Admin
Admin Permudah akses Anda membaca dengan mendownload Aplikasi di Play Store. Klik Disini