Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Santo Emerik (4 November)

Santo Emerik

Emerik adalah putera Raja Santo Stefanus dari Hungaria dan Ratu Beata Gisela. Ia dilahirkan pada tahun 1007 dan merupakan anak satu-satunya dari pasangan kudus ini. Sejak usia belia ia sudah dipersiapkan untuk menjadi raja menggantikan ayahnya. Ia dididik didalam biara oleh uskup Csanád, Santo Gerardus Sagredo dari usia 15 sampai 23 tahun.


Namun Emerik tidak pernah sampai mengenakan mahkota kerajaan. Pada tanggal 2 September 1031, saat berusia 24 tahun, Emerik meninggal karena kecelakaan saat sedang berburu babi hutan.


Ia dimakamkan di gereja Székesfehérvár dan setelah itu mujizat penyembuhan dilaporkan terus terjadi di makamnya. Emerik dikanonisasi pada tanggal 5 November 1083 bersama dengan ayahnya raja Stefanus dan Uskup Gerardus Sagredo oleh Paus Gregorius VII.


Santo Emerik paling sering digambarkan dalam baju besi ksatria dengan mahkota dan bunga lily. Nama Santo Emerik bisa disebut sebagai cikal-bakal nama benua Amerika; karena Amerigo Vespucci, penjelajah Italia, penemu dan pemberi nama bagi benua Amerika, dibabtis dengan nama Emerik sebagai santo pelindungnya.

© Renungan Harian Katolik
Blogevan.com
Blogevan.com Download App di Play Store Klik Disini