Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bacaan Injil dan Renungan (Jumat, 1 Januari 2021)


Bacaan dan Renungan Harian Katolik Jumat 1 Januari 2021 bacaan injil, renungan harian katolik,

Daftar Isi

Lukas 2:16-21

Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan. Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu. Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka. Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya. Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka. Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.
Demikianlah Injil Tuhan

Renungan Harian Katolik

Kabar gembira itu membebaskan. Mungkin ada yang pernah menerima kabar ‘gembira’ bahwa akan mendapat hadiah uang 100 juta, lalu dimita menghubungi pihak tertentu. Dan pada akhirnya ternyata malah tertipu karena hanya sebuah berita bohong. Harapan palsu dan kita ditipu oleh iming-iming hadiah yang luar biasa.
Dalam Kitab Bilangan, bacaan pertama hari ini bercerita bahwa kabar gembira itu bukan sesuatu yang material, seperti hadiah uang jutaan rupiah, mobil, motor, dll. Akan tetapi, janji Allah itu adalah berkat. Allah selalu setia dan melindungi umat-Nya dari kejahatan dan mara-bahaya. Allah berkenan dan akan mendengarkan doa dan menyelamatkan umat-Nya dari musuh, penyakit, dan dosa. Meskipun janji itu bukan materi, namun membuat Israel selalu berharap pada Allah.
Dalam Injil hari ini, ketika para gembala mendengar kabar baik kelahiran Yesus, mereka mengambil tindakan sesuai petunjuk. Mereka bergegas menuju Betlehem untuk berjumpa dengan bayi Yesus yang terbaring di palungan. Segera sesudah itu, kabar baik itu mereka ceritakan kepada orang-orang yang hadir di situ. Mereka menyatakan sukacita dan syukur karena Mesias yang sudah lahir itu. Berita tersebut ternyata membuat banyak orang merasa heran dan semakin mengagumi serta terdorong untuk menyembah Allah.
Alangkah baiknya tanggapan para gembala atas kelahiran Juru Selamat juga ada dalam hidup kita. Kita menghayati dan membagikan sukacita itu dalam seluruh pergumulan hidup sehari-hari. Kita terus bersukacita karena karya Allah yang mengagumkan; Dia datang melawat dan bahkan hadir dalam seluruh sejarah hidup kita. Maka, mari kita bergegas bersama para gembala, melangkahkan kaki untuk melihat terang yang sudah datang dan menceritakan kasih Tuhan kepada pasangan kita, anak-anak, kaum muda, lansia, kaum disabilitas, rekan kerja, atasan, bawahan, dan kepada seluruh ciptaan. Inilah kabar gembira yang membebaskan.
Allah Bapa yang berbelas kasih, anugerahkan kami hati yang lapang untuk menjawab kehendak-Mu dan melakukannya dalam hidup kami sehari-hari sehingga kami menjadi pelaku sabda-Mu dan pewarta sukacita. Amin.

Renungan Harian Katolik
Renungan Harian Katolik Renungan Harian Katolik, Renungan Katolik Hari ini, Renungan Harian Hari ini, Renungan Bacaan Injil Hari ini, Renungan Pagi Katolik, Bacaan Injil Hari ini, Bacaan Injil Katolik Hari ini, Bacaan Liturgi Katolik Hari ini, Bacaan Harian Katolik, Bacaan Liturgi Harian Katolik, Injil Hari ini.

Daftar Bacaan Liturgi dan Renungan Harian Katolik Bulan September 2021 ->> Klik Disini




Download di Play Store ->> KLIK DISINI