Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bacaan Injil dan Renungan (Kamis, 3 Desember 2020)

Bacaan, Injil, Bacaan Injil, Renungan, Renungan Harian, Katolik, Renungan Harian Katolik, Bacaan injil hari ini, renungan hari ini, bacaan injil besok, renungan besok, renungan katolik, renungan kristen, Injil Matius, Injil Lukas, Injil Yohanes, Injil Markus, Bacaan Injil Senin, Bacaan Injil Selasa, Bacaan Injil Rabu, Bacaan Injil Kamis, Bacaan Injil Jumat, Bacaan Injil Sabtu, Bacaan Injil Minggu, Bacaan Pertama, Bacaan Kedua, Bait Pengantar Injil, Mazmur, Butir Permenungan, Iman Katolik, Gereja Katolik, Katolik Roma, Bacaan Injil Katolik, Injil Tahun 2020, Liturgi, Bacaan Liturgi, Kalender Gereja Katolik, renungan katolik hari ini, renungan pagi katolik, bacaan hari ini iman katolik, renungan harian katolik hari ini, bacaan harian katolik, bacaan injil katolik hari ini, injil katolik hari ini, fresh juice, renungan harian fresh juice, bacaan hari ini katolik, bacaan harian katolik hari ini, renungan injil hari ini, renungan rohani katolik, injil hari ini katolik, renungan pagi katolik hari ini, renungan katolik bahasa kasih, injil hari ini agama katolik, renungan harian katolik ziarah batin, bacaan injil serta renungannya, renungan harian katolik ruah, 2020, Alkitan, Bacaan Injil Harian, Bacaan Kitab Suci, Sabda Tuhan

Bacaan Pertama

† 1 Korintus 9:16-19.22-23

Saudara-saudara, jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku jika tidak memberitakan Injil. Seandainya aku melakukan pemberitaan itu atas kehendakku sendiri, memang aku berhak menerima upah. Tetapi karena aku melakukannya bukan atas kehendakku sendiri, pemberitaan itu merupakan tugas yang ditanggungkan Allah kepadaku. Kalau demikian apakah upahku? Upahku ialah: bahwa aku boleh memberitakan Injil tanpa imbalan, dan bahwa aku tidak menuntut hakku sebagai pemberita Injil. Sesungguhnya aku bukan hamba siapapun. Meskipun begitu, aku menjadikan diriku hamba semua orang, supaya aku boleh memenangkan sebanyak mungkin orang. Bagi orang-orang yang lemah aku menjadi seperti orang yang lemah, supaya aku dapat menyelamatkan mereka yang lemah. Bagi semua orang aku telah menjadi segala-galanya, supaya sedapat mungkin aku memenangkan beberapa orang dari antara mereka. Segala sesuatu ini aku lakukan karena Injil, supaya aku mendapat bagian di dalamnya.
Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan

† Mzm 117:1.2

Pergilah ke seluruh dunia, dan wartakanlah Injil.
*Pujilah Tuhan, hai segala bangsa, megahkanlah Dia, hai segala suku bangsa! *Sebab kasih-Nya hebat atas kita, dan kesetiaan Tuhan untuk selama-lamanya.

Bait Pengantar Injil

† Matius 28:19a.20b

Pergilah dan jadikanlah semua bangsa murid-Ku, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman.

Bacaan Injil Kamis 3 Desember 2020

† Markus 16:15-20

Pada suatu hari Yesus yang bangkit dari antara orang mati menampakkan diri kepada kesebelas murid, dan berkata kepada mereka, "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: Mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh." Sesudah berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Tuhan Yesus ke surga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. Maka pergilah para murid memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.
Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan Kamis 3 Desember 2020

† Renungan Harian Katolik Kamis 3 Desember 2020

Ada banyak alasan untuk bersyukur atas iman Katolik yang kita hayati Ada banyak orang yang telah berjasa atas pertumbuhan dan pendewasaan iman kita ini. Cobalah menyebut nama mereka masing masing entah para guru disekolah , katekis, biarawan biarawati pastor dan seterusnya. Mereka itulah tangan tangan Tuhan yang tampak. Mereka itulah misionaris misionaris yang diutus Tuhan untuk membangun paguyuban orang beriman yang menghayati nilai nilai yang diajarkan Yesus Kristus Sang Guru. Dalam Injil hari ini Tuhan Yesus memberikan tugas kepada para murid-Nya, yakni untuk mewartakan Injil kepada segala makhluk (Mrk 16:15) Penugasan ini adalah bentuk kepercayaan Sang Guru kepada para murid yang telah dibina-Nya dengan susah payah. Dilain fihak, bagi Santo Paulus tugas mewartakan Injil itu merupakan kewajiban pribadinya. Alasannya jelas , ia ingin membalas kebaikan Tuhan yang telah menyelamatkan dia. Pengalaman diselamatkan ini merupakan anugerah yang tidak ternilai, Karena itu bagi Santo Paulus, menjadi rasul segala bangsa bukanlah tugas yang dibebankan kepadanya, melainkan suatu kewajiban , suatu bentuk upaya membalas anugerah Tuhan. Baginya menjadi rasul adalah satu satunya ungkapan syukur dan pujiannya kepada Tuhan ( Mazmur 117:1-2) Barangkali kita jarang sekali mensyukuri iman kristiani dan “hidup baru” yang telah dianugerahkan Tuhan kepada kita. Kalaupun kita pernah mensyukurinya , apakah bentuk konkret ucapan syukur kita ? Mungkin tidak semua orang bisa menjawab pertanyaan ini dengan mudah dan memuaskan, Untuk itu, mungkin kita bisa bercermin pada orang orang dekat yang kita kagumi, yang telah mempersembahkan hidupnya tanpa pamrih bagi kebaikan sesama, Bunda Teresa dari Kalkuta, India, adalah salah satu contoh yang menonjol, yang namanya harum karena menjadi sahabat orang orang paling miskin dan terpinggirkan. Santo Fransiskus Xaverius pelindung karya misi , yang kita rayakan hari ini, merupakan salah satu teladan lain , yang telah datang ke Asia untuk memperkenalkan Kristus. Dewasa ini adalah tugas kita untuk menjadi rasul rasul Kristus bagi orang orang disekitar kita.

Butir Permenungan Kamis 3 Desember 2020

† Butir Renungan Kamis 3 Desember 2020

Dunia memang begitu luas tetapi kita bisa mempersempit dunia kita untuk memahami keberadaan kita . Injil hari ini berkisah tentang Yesus memerintahkan para murid –Nya untuk pergi keseluruh dunia memberitakan Injil kepada segala makhluk. Para murid diutus mewartakan Injil agar semua orang mendapatkan keselamatan . Apakah para murid Yesus berhasil dalam misi itu? Bisa dikatakan mereka berhasil sebab tanpa pewartaan para murid , Injil tidak akan sampai kedunia kita atau negara kita. Syukur pada Tuhan bahwa Injil itu bisa kita terima hingga saat ini. Berkat jasa para misionaris sebagai perpanjangan tangan para murid, maka Injil smpai kepada kita . Sebut saja contoh , lewat pewartaan Santo Fransiskus Xaverius yang pestanya kita peringati hari ini ,Injil sudah sampai ketangan kita dan krdalam hati kita masing masing. Mari kita bercermin pada orang orang dekat yang kita kagumi, yang telah mempersembahkan hidupnya tanpa pamrih bagi kebaikan sesama, Bunda Teresa dari Kalkuta, India, adalah salah satu contoh yang menonjol, yang namanya harum karena menjadi sahabat orang orang paling miskin dan terpinggirkan. Santo Fransiskus Xaverius pelindung karya misi , yang kita rayakan hari ini, merupakan salah satu teladan lain , yang telah datang ke Asia untuk memperkenalkan Kristus. Dewasa ini adalah tugas kita untuk menjadi rasul rasul Kristus bagi orang orang disekitar kita

Doa

† Doa Penutup

Ya Tuhan ajarilah kami untuk dapat meniru apa yang dilakukan Santo Fransiscus Xaverius yang kita rayakan hari ini. Amin.

Admin
Admin Download Aplikasi di Play Store Klik Disini