Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Santo Gregorius dari Nazianze

Perayaan : 2 Januari
Santo Gregorius dari Nazianze

Kelahiran

Gregorius dilahirkan di Asia Kecil pada tahun 330. Sekarang daerah tersebut dikenal dengan nama Turki. Orang tua Gregorius adalah St. Nonna dan St. Gregorius Tua. Gregorius bertemu dengan Basilius dan menjadi sahabat karib ketika bersekolah di Athena, Yunani.

Menjadi Uskup

Gregorius menjadi imam dan kemudian Uskup. Mereka dengan berani berkhotbah menentang bidaah Arianisme yang menyangkal bahwa Yesus adalah Tuhan. Ajaran sesat ini membingungkan banyak orang. Ketika menjadi Uskup Konstantinopel, Gregorius mempertobatkan banyak orang dengan khotbah-khotbahnya yang mengagumkan.

Hal itu membuatnya hampir saja kehilangan nyawanya. Seorang pemuda berencana untuk membunuhnya. Pada saat-saat terakhir, pemuda tersebut bertobat serta memohon pengampunan dari Gregorius. St. Gregorius sungguh mengampuninya serta membawanya ke jalan yang benar dengan kelemahlembutan serta kebaikan hatinya.

Menulis Surat

Empatpuluh empat khotbah St. Gregorius, 243 suratnya, serta banyak puisinya kemudian diterbitkan. Buah penanya masih amat penting hingga saat ini. Banyak penulis mendasarkan karya-karya mereka pada buah penanya itu. Gregorius wafat pada tahun 390 dalam usia enampuluh tahun. Awalnya ia dimakamkan di kota Nazianze, lalu pada tahun 950 makamnya dipindahkan ke Church of the Holy Apostles di Konstantinopel.

Baca Juga : Santo Santa Katolik

Relikwi Santo Gregorius

Pada tahun 1204 relikwi Santo Gregorius bersama relikwi Santo Yohanes Krisostomus dijarah oleh para Kesatria Salib (Crusaders) dan dibawa ke kota Roma. Relikwi dua bapa Gereja ini laluu berada di kota Roma selama delapan ratus tahun. Pada bulan November 2004 Paus Yohannes Paulus II mengembalikan relikwi dua orang Uskup Agung Konstantinopel ini kepada Gereja Orthodox. Patriark Konstantinopel saat itu (Patriark Bartholomew) menerima penyerahan relikwi ini pada tanggal 27 November 2004 dalam sebuah upacara resmi di Basilika Santo Petrus di Roma. Relikwi kedua orang suci tersebut kini disemayamkan di Gereja Santo Georgius Konstantinopel (Istambul) Turki.

© Renungan Katolik Hari ini
Renungan Harian Katolik
Renungan Harian Katolik Renungan Harian Katolik, Renungan Katolik Hari ini, Renungan Harian Hari ini, Renungan Bacaan Injil Hari ini, Renungan Pagi Katolik, Bacaan Injil Hari ini, Bacaan Injil Katolik Hari ini, Bacaan Liturgi Katolik Hari ini, Bacaan Harian Katolik, Bacaan Liturgi Harian Katolik, Injil Hari ini.

Daftar Bacaan Liturgi dan Renungan Harian Katolik Bulan September 2021 ->> Klik Disini




Download di Play Store ->> KLIK DISINI