Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Santo Gregorius dari Nazianzen Tua

Perayaan : 1 Januari
Santo Gregorius dari Nazianzen Tua

Uskup Nazianos

Gregorius adalah Uskup Nazianos, Kapadokia, Asia Kecil pada awal abad keempat (sekitar tahun 328). Ia disebut Gregorius tua (Gregory of Nazianzen the Elder) untuk membedakannya dengan seorang anaknya yang bernama sama dan juga menjadi seorang kudus yaitu Santo Gregorius dari Nazianzen yang pestanya dirayakan pada tanggal 2 Januari. Selain itu dua orang anak Gregorius tua juga adalah orang – orang kudus, yaitu : Santo Caesarius dari Nazianzen, dan Santa Gorgonia. Pada masa ini para imam dan uskup boleh dipilih diantara mereka yang sudah menikah.

Mengenal iman Kristiani

Awalnya Gregory tua adalah seorang kafir yang bekerja sebagai pejabat pemerintah. Ia baru mengenal iman Kristiani saat menikah dengan Santa Nonna di tahun 325. Saat itu usianya sudah 50 tahun. Setelah menjadi seorang kristen, Gregorius mengundurkan diri dari pekerjaannya di pemerintahan dan mengabdikan diri pada iman barunya akan Yesus Kristus. Ia kemudian diangkat Uskup di kotanya; Nazianos, Kapadokia, Asia Kecil pada sekitar tahun 328.

Baca Juga : Doa

Tutup Usia

Gregorius tua memangku jabatan uskup sampai pada kematiannya saat ia berusia 94 tahun. Anaknya Santo Gregorius kemudian terpilih untuk menggantikannya. Gregorius muda ini kelak menjadi Patriark Konstantinopel dan salah satu dari bapa Gereja.Santo Gregorius dari Nazianzen Tua

© Renungan Katolik Hari ini
Renungan Harian Katolik
Renungan Harian Katolik Renungan Harian Katolik, Renungan Katolik Hari ini, Renungan Harian Hari ini, Renungan Bacaan Injil Hari ini, Renungan Pagi Katolik, Bacaan Injil Hari ini, Bacaan Injil Katolik Hari ini, Bacaan Liturgi Katolik Hari ini, Bacaan Harian Katolik, Bacaan Liturgi Harian Katolik, Injil Hari ini.

Daftar Bacaan Liturgi dan Renungan Harian Katolik Bulan September 2021 ->> Klik Disini




Download di Play Store ->> KLIK DISINI