Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bacaan Injil dan Renungan (Jumat, 22 Januari 2021)

Bacaan injil Jumat 22 Januari 2021, Renungan Katolik Jumat 22 Januari 2021, Jumat, 22 Januari 2021
Bacaan injil Jumat 22 Januari 2021, Renungan Katolik Jumat 22 Januari 2021, Jumat, 22 Januari 2021, injil hari ini, bacaan injil hari ini, bacaan injil katolik hari ini, bacaan injil hari ini iman katolik, bacaan injil katolik hari ini, bacaan kitab injil, bacaan injil katolik untuk hari ini, bacaan injil katolik minggu ini, renungan katolik, renungan katolik hari ini, renungan harian katolik hari ini, renungan harian katolik, bacaan alkitab hari ini

Bacaan Pertama

Ibrani 8:6-13

Saudara-saudara, sekarang Yesus telah mendapat suatu pelayanan yang jauh lebih agung, karena Ia menjadi Pengantara dari perjanjian yang lebih mulia, yang didasarkan atas janji yang lebih tinggi. Sebab, sekiranya perjanjian yang pertama itu tidak bercacat, tidak akan ada tempat untuk yang kedua. Allah sudah menyadarkan mereka akan cacad itu ketika Ia berkata, "Sesungguhnya, akan datang waktunya," demikianlah firman Tuhan, "Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan dengan kaum Yehuda, bukan seperti perjanjian yang Kuadakan dengan nenek moyang mereka, yakni waktu Aku memegang tangan mereka untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir.

Mereka tidak setia kepada perjanjian-Ku itu, maka Aku menolak mereka," demikian sabda Tuhan. "Tetapi sekarang, inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel: Aku akan menaruh hukum-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka. Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka menjadi umat-Ku.

Mereka tidak akan lagi mengajar sesama warganya, atau sesama saudaranya dengan mengatakan: Kenallah Tuhan! Sebab mereka semua, besar atau pun kecil, akan mengenal Aku. Sebab Aku akan menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka." Dengan memaklumkan perjanjian yang baru ini, Allah menyatakan bahwa perjanjian yang pertama itu tidak berlaku lagi; dan apa yang sudah tidak berlaku dan telah menjadi usang, telah dekat kepada kemusnahannya.
Demikianlah Sabda Tuhan

Mazmur Tanggapan

Mzm 85:8.10.11-12.13-14

Kasih dan kesetiaan akan bertemu.

*Perlihatkanlah kepada kami kasih setia-Mu, ya Tuhan, dan berikanlah kami keselamatan-Mu! Sungguh, keselamatan dari Tuhan dekat pada orang-orang takwa, dan kemuliaan-Nya diam di negeri kita.

*Kasih dan kesetiaan akan bertemu, keadilan dan damai sejahtera akan berpelukan. Kesetiaan akan tumbuh dari bumi, dan keadilan akan merunduk dari langit. Tuhan sendiri akan memberikan kesejahteraan, dan negeri kita akan memberi hasil. Keadilan akan berjalan di hadapan-Nya, dan damai akan menyusul di belakang-Nya.

Bait Pengantar Injil

2 Korintus 5:19

Dalam diri Kristus Allah mendamaikan dunia dengan Diri-Nya dan mempercayakan warta perdamaian kepada kita.

Bacaan Injil Jumat 22 Januari 2021

Markus 3:13-19

Pada suatu hari Yesus naik ke atas bukit. Ia memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya dan mereka pun datang kepada-Nya. Ia menetapkan dua belas rasul untuk menyertai Dia, untuk diutus-Nya memberitakan Injil, dan untuk menerima dari Dia kuasa mengusir setan.

Kedua belas orang yang ditetapkan-Nya itu ialah: Simon, yang diberi-Nya nama Petrus, Yakobus anak Zebedeus, dan Yohanes saudaranya, yang keduanya Ia diberi nama Boanerges, yang berarti anak-anak guruh; selanjutnya Andreas, Filipus, Bartolomeus, Matius, Tomas, Yakobus anak Alfeus, Tadeus, Simon orang Zelot, dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia.
Demikianlah Injil Tuhan

Renungan Katolik Jumat 22 Januari 2021

Setiap kelompok atau organisasi memiliki visi dan misi sebagai alasan kelompok atau organisasi itu didirikan. Orang orang yang mau bergabung dengan kelompok atau organisasi tertentu karena tertarik pada visi dan misinya. Untuk menjadi anggota kelompok atau organisasi tentu ada persyaratan yang harus dipenuhi, dan yang utama adalah motivasi yang akan mempengaruhi komitment mereka.

Tuhan Yesus pun memanggil orang orang yang disebut kedua belas murud yang akan hidup bersama-Nya , menyertai perjalanan dan pelayanan mewartakan Injil Kerajaan Allah. Kalau kita melihat orang orang yang dipanggil oleh Tuhan Yesus rupanya mereka adalah orang orang sederhana, dari kalangan nelayan, pemungut cukai, kaum Zelot. Mereka adalah orang orang yang siap dibentuk oleh Tuhan Yesus, Tuhan Tesus memanggil mereka untuk ikut serta dalam misi pewartaan-Nya., mewartakan Injil Kerajaan Allah. Mereka dipanggil untuk dekat Tuhan Yesus, bekerja sama dengan Tuhan Yesus , bekerja seperti Tuhan Yesus.

Kedua belas rasul dipanggil untuk membangun komunitas persaudaraan ,menghadirkan Kerajaan Allah melalui kesaksian hidup mereka. Menyertai Tuhan Yesus menuntut adanya komitment dan kesetiaan, Mereka pun diberi kuasa untuk mengusir setan dan menyembuhkan orang sakit, Pengusiran setan setan dalam nama Tuhan Yesus adalah tanda bahwa Kerajaan Allah sudah hadir sehingga yang berkuasa dan meraja adalah Allah sendiri. Kalau Allah yang meraja maka ada kedamaian, keadilan, cinta kasih, kebenaran, sukacita dalam Roh, ada persaudaraan.

Butir Permenungan Jumat 22 Januari 2021

Kita pun dipanggil untuk menjadi mitra Allah dan mitra Tuhan Yesus dalam karya perutusan, ikut serta menghadirkan Kerajaan Allah, mewartakan Injil melalui kesaksian hidup kita yang dijiwai oleh nilai nilai Injil dan ikut serta membangun dunia menurut visi Kerajaan Allah.

Di tengah masyarakat yang ditandai oleh konflik sosial. egoisme, dan sektarianisme kita dipanggil untuk membangun persaudaraan sejati.

Doa Penutup

Ya Tuhan, bimbinglah kami untuk tekun mewartakan Injil melalui kesaksian hidup kami, sehingga kami dapat ikut membangun persaudaraan sejati. Amin.