Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Santo Paulinus dari Aquileia

Perayaan : 11 Januari (sebelum abad ke-17), 28 Januari (saat ini), 9 Februari (sejak abad ke-17).
Santo Paulinus dari Aquileia

Uskup Agung

Santo Paulinus adalah seorang Uskup Agung, Teolog, Sastrawan, dan seorang Cendikiawan terkemuka pada abad kedelapan – abad kesembilan. Ia lahir sekitar tahun 726 di kota Premariacco, Friuli (sekarang wilayah Provinsi Udine) di Italia utara, dan mengenyam pendidikan di seminari keuskupan di Cividale. Kecerdasannya yang luar biasa membuat ia diangkat menjadi kepala seminari tersebut hanya beberapa waktu setelah ia lulus dan ditahbiskan menjadi imam.

Grammaticus Magister

Pada tahun 776 M Paulinus di panggil oleh Kaisar Beato Karolus Agung (Kaisar Charlemagne) ke istana dan diangkat menjadi “Grammaticus Magister” (guru besar gramatika) Kekaisaran dan kepala sekolah istana. Paulinus pindah ke istana dan selama sepuluh tahun ia bertugas sebagai penasihat Kaisar dan pembimbing para pangeran. Pada tahun 787 ia ditunjuk menjadi Uskup Agung Aquileia menggantikan Uskup Siguald yang telah wafat.

Rasul Slovenia

Sebagai Uskup Agung, Paulinus berpartisipasi dalam sejumlah sinode yang digelar untuk membendung berkembangnya ajaran-ajaran sesat yang muncul dimasa itu. Uskup Paulinus juga rajin mengutus imam-imamnya sebagai misionaris ke luar wilayah kekaisaran. Ia berjasa besar membawa bangsa Avar dan Slavia kedalam pangkuan Gereja, karena itulah Paulinus disebut sebagai rasul bangsa Slovenia. Paulinus juga dikenal akan karya-karyanya berupa syair, sanjak dan lagu-lagu liturgi. Ia tutup usia dengan tenang pada tanggal 11 Januari 804.

© Renungan Katolik Hari ini

Admin
Admin Permudah akses Anda membaca dengan mendownload Aplikasi di Play Store. Klik Disini