Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Santo Paus Fabianus I

Perayaan : 20 Januari
Paus Gereja Katolik ke-20.
Santo Paus Fabianus I, law firm,car donate,car donation,Personal Injury,Medical Malpractice,Criminal Law,DUI,Family Law,Bankruptcy,Business Law,Consumer Law,Employment Law,Estate   Planning,Foreclosure Defense,Immigration Law,Intellectual Property,Nursing Home Abuse,Probate,Products Liability,Real Estate Law,Tax Law,Traffic Tickets ,Workers'   Compensation

Menjadi Martir

Santo Fabianus adalah paus kita yang ke-20. Ia wafat sebagai martir pada tahun 250, pada masa penganiayaan oleh Kaisar Decius. Dalam catatan dikatakan bahwa Fabianus adalah seorang yang sangat kudus dan luar biasa.

Baca Juga : Santo Paus Marcellus I

Menjadi Paus

Dalam sepucuk surat yang ditulis tak lama sesudah kematian Fabianus, St.Siprianus menjelaskan bagaimana Fabianus terpilih sebagai paus. Kelompok yang berkumpul untuk memilih paus menerima suatu tanda nyata bahwa pilihan harus dijatuhkan kepada Fabianus. Ia adalah orang awam pertama yang diangkat menjadi paus.

Baca Juga : Santo Antonius Pertapa

Membenahi Administrasi Gereja

Pada awal masa kepausannya, Umat Kristen mengalami periode yang cukup tenang dan aman dari penganiayaan penguasa Roma. Karena itu Paus Fabianus dapat membenahi administrasi Gereja. Ia membagi wilayah gereja di Roma dengan membagi kelompok umat ke dalam tujuh wilayah gereja yang masing-masing dikepalai oleh seorang diakon. Ia mengangkat tujuh orang subdiakon untuk mengatur tata laksana katakombe, memberi derma, mengumpulkan laporan untuk setiap martir yang telah gugur karena iman, dan memindahkan makam Paus Pontianus ke Roma dari pulau Sardinia

Baca Juga : Beata Christina Ciccarelli

Ditangkap

Pada Januari 250, Kaisar Gaius Decius kembali menganiaya orang Kristen. Pada saat itulah Paus fabianus ditangkap dan dianiaya sampai Ia meninggal dunia. Ia dimakamkan di pekuburan Kallixtus.

© Renungan Katolik Hari ini


Download di Play Store ->> KLIK DISINI