Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Santo Praejectus dari Clermont

Perayaan : 25 Januari
Santo Praejectus dari Clermont,law firm,car donate,car donation,Personal Injury,Medical Malpractice,Criminal Law,DUI,Family Law,Bankruptcy,Business Law,Consumer Law,Employment Law,Estate Planning,Foreclosure Defense,Immigration Law,Intellectual Property,Nursing Home Abuse,Probate,Products Liability,Real Estate Law,Tax Law,Traffic Tickets ,Workers' Compensation

Menjadi Uskup

Santo Praejectus (Prejectus atau Projectus) adalah seorang uskup dari Clermont, yang tewas dibunuh pada tanggal 25 januari 676. Ia Lahir di Auvergne dalam keluarga bangsawan. Ia belajar di Clermont, di bawah bimbingan Santo Genesius dari Clermont dan kemudian ditahbiskan menjadi seorang imam. Ia diangkat menjadi uskup Clermont dengan persetujuan Raja Childeric II pada tahun 666.

Baca Juga : Santo Marius, Abacus, Audifax dan Santa Marta

Pergolakan Politik

Di Keuskupannya, Praejectus mendirikan banyak biara, rumah sakit, dan gereja baru. Kemartirannya adalah akibat dari pergolakan politik yang terjadi pada saat itu. Lord Hector, penguasa Marseilles, telah dituduh melakukan berbagai kejahatan; dan atas perintah Raja Childeric II, Hector ditangkap dan dihukum mati.

Baca Juga : Santo Felix dari Nola

Pembunuhan

Seorang pendukung Lord Hector bernama Agritius, meyakini bahwa uskup Praejectus adalah orang yang bertanggung jawab atas kematian Hector. Karena itu, di kota Volvic, ia menikam sampai mati Uskup Praejectus dan Amarinus, seorang kepala biara di Clermont.

Baca Juga : Santo Paulinus dari Aquileia

Dianggap Martir

Santo Praejectus dianggap sebagai martir segera setelah kematiannya, namun motif pembunuhannya sepertinya tidak berhubungan dengan imannya.

© Renungan Katolik Hari ini

Renungan Harian Katolik