Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ini dia 7 Makanan Sehat yang Yesus Makan

BLOGEVAN.COM - Kitab Suci menjelaskan bahwa makanan Mediterania Yesus mencakup buah ara, ikan, domba, anggur, dan minyak zaitun.

Pembahasan makanan tidak mungkin bisa dihindari. Baik Anda menelusuri Instagram, melihat-lihat resep di Pinterest, atau menemukan cara makan baru yang menantang perencanaan makan Anda, makanan jelas merupakan titik fokus besar dalam hidup kita. Ketika hal itu menjadi berlebihan atau membingungkan, seringkali yang terbaik adalah mengingatkan diri kita sendiri bahwa pendekatan yang lebih sederhana untuk memberi makan tubuh kita bisa menjadi cara terbaik untuk mengatasinya. Cara sempurna untuk melakukannya adalah dengan mengikuti diet Mediterania klasik yang biasa dilakukan Yesus sendiri.

Meskipun benar bahwa ada resep terbatas yang tersedia dari 2.000 tahun yang lalu, kisah pada injil dipenuhi dengan informasi tentang apa yang Yesus makan - dan itu melampaui roti dan ikan itu!. Berikut ini beberapa makanan yang akan dimakan oleh Yesus dan para Rasul-Nya yang mungkin berguna ketika Anda memikirkan makanan sehat Anda berikutnya.

Buah Ara


Buah Ara

Selain memakan berbagai buah dan sayuran, Yesus juga mungkin menyukai buah ara yang berair, karena Dia terutama merasa sedikit kesal dalam Markus 11: 12-14

"Keesokan harinya sesudah Yesus dan kedua belas murid-Nya meninggalkan Betania, Yesus merasa lapar. Dan dari jauh Ia melihat pohon ara yang sudah berdaun. Ia mendekatinya untuk melihat kalau-kalau Ia mendapat apa-apa pada pohon itu. Tetapi waktu Ia tiba di situ, Ia tidak mendapat apa-apa selain daun-daun saja, sebab memang bukan musim buah ara. Maka kata-Nya kepada pohon itu: "Jangan lagi seorang pun makan buahmu selama-lamanya!" Dan murid-murid-Nya pun mendengarnya."

Buah ara merupakan sumber kalsium dan kalium yang baik, buah ara baik untuk tekanan darah dan tulang yang kuat.

Ikan Sarden

Ikan Sarden

Memancing atau menjala ikan adalah tema yang berulang di seluruh Injil, ikan menjadi sumber protein utama bagi Yesus dan pengikut-Nya. ikan Sarden khususnya populer dalam masakan Timur Tengah, dan manfaat kesehatannya sangat banyak: karena mengandung Omega-3 yang membantu meningkatkan suasana hati (mood) hingga menyediakan vitamin dan protein penting bagi tubuh. Manfaat Lain dari Omega 3 yang terdapat pada ikan sarden sebagi berikut :

  • Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular
  • Menurut beberapa penelitian, konsumsi ikan yang mengandung minyak ikan tinggi (omega-3), dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan mengurangi risiko stroke. Tak cuma itu saja, mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 secara rutin juga bisa mengurangi kadar trigliserida dalam darah.
  • Menjaga Kesehatan Mata
  • Terdapat penelitian yang mengatakan bahwa konsumsi ikan yang berkadar minyak tinggi, sebanyak dua kali dalam seminggu, bisa mengurangi risiko degenerasi makula karena faktor usia. Degenerasi makula sendiri merupakan gangguan penglihatan pada orang tua yang membuat pandangan menjadi buram.
  • Mencegah Demensia
  • Selain dua hal di atas, manfaat omega-3 juga berkaitan dengan demensia, atau gangguan daya ingat, berpikir, dan berperilaku. Menurut beberapa pakar, omega-3 bisa mencegah terjadinya demensia. Akan tetapi, ada pula penelitian lain yang menemukan bahwa konsumsi suplemen omega-3 tak mendatangkan banyak manfaat pada lansia.
  • Menjauhkan Depresi
  • Manfaat omega-3 disebut-sebut bisa menurunkan gejala depresi pada wanita. Akan tetapi, seberapa signifikan efeknya masih perlu diteliti lebih lanjut.
  • Meredakan Arthritis
  • Terakhir, manfaat omega-3 juga diklaim dapat mengurangi nyeri sendi pada arthritis. Menurut beberapa penelitian, konsumsi minyak ikan secara teratur selama 3 bulan bisa meminimalkan nyeri sendi. Tak hanya itu saja, omega-3 juga diduga mampu berdampak terhadap sistem kekebalan tubuh pengidap rheumatoid arthritis.

Madu


Madu

Madu adalah bahan utama dalam makanan Yohanes Pembaptis menurut Injil, jadi kemungkinan besar Yesus akan memakannya, juga karena itu adalah cara utama untuk mempermanis makanan. Penuh dengan antioksidan yang dapat membantu mengurangi penyakit jantung dan mencegah kanker, nektar manis dalam keadaan mentahnya dipercaya juga membantu menurunkan tekanan darah dan bahkan mungkin menangkal alergi.

Domba


Masakan Daging Domba

Digambarkan sebagai Anak Domba Allah Sendiri, Yesus akan memakan domba karena itu adalah daging pilihan yang populer pada zaman-Nya. Terkadang disajikan dalam rebusan dengan sayuran lain, domba adalah daging merah yang lebih sehat dengan sajian vitamin dan mineral yang sangat sehat.

Minyak Zaitun


Minyak Zaitun

Bukit Zaitun disebutkan di seluruh Perjanjian Baru, dan di situlah Yesus naik ke surga. Zaitun adalah makanan umum Mediterania dan minyak zaitun diyakini sebagai makanan utama kebanyakan. Dengan lemak tak jenuh tunggal yang sehat di dalam minyak, ini adalah pilihan yang jauh lebih sehat daripada kebanyakan jenis minyak lainnya.

Roti


Roti, Roti Makanan Yesus

Meskipun tidak baik untuk mereka yang mengikuti diet bebas gluten, roti adalah makanan umum di setiap meja pada zaman Yesus. Roti barley sangat populer pada masa itu dan dibagikan selama mukjizat penggandaan roti (Yesus memberi makan 5000 orang dengan 5 roti dan 2 ikan) Yohanes 6: 9 "Di sini ada seorang anak, yang mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini?". Roti barley juga lebih sedikit diproses dibandingkan roti lainnya, dengan tingkat vitamin, mineral, dan serat yang lebih tinggi.

Anggur


Anggur, Wine

Kita mungkin tidak menganggap anggur sebagai makanan, tetapi mungkin lebih baik jika kita melakukannya! Ini tentunya merupakan pendamping yang sempurna untuk banyak makanan - dan bagaimanapun juga itu menjadi Darah Kristus di altar pada setiap Misa. Anggur adalah kunci dari banyak cerita Injil, dari pernikahan di Kana hingga Perjamuan Terakhir. Anggur mengandung anti-oksidan yang dapat membantu mencegah kanker, dan juga memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi jantung.

Demikianlah 7 Makanan Sehat yang Yesus Makan. Semoga bermanfaat.