Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pasio (Kisah Sengsara Yesus Kristus) Pada Perayaan Jumat Agung

Pasio, Download Pasio, Download Pasio Jumat Agung, Pasio Jumat Agung Audio, Pasio Jumat Agung PDF

Pada Hari Jumat 2 April 2021, Umat Kristiani di seluruh dunia serentak melaksanakan ibadat Jumat Agung, yang merupakan rangkaian Tri Hari Paskah. Tri Hari Paskah terdiri dari tiga hari penting, mulai dari Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu Suci. Ibadat Jumat Agung memiliki ciri khas berupa tidak adanya perayaan Ekaristi, dimulai dari arak- arakan Imam dan para petugas memasuki lokasi Ibadat tanpa adanya nyanyian. Selanjutnya ada pewartaan kisah sengsara (passio) dan pembacaan injil.

Passio adalah kisah sengsara Yesus Kristus, mulai dari peristiwa penangkapan Yesus di Taman Getsemani, hingga wafat-Nya di gunung Golgota. Passio dinyanyikan dengan melodi ala Gregorian sejumlah petugas yang ditunjuk. Ibadat mencapai puncaknya pada ritus penghormatan Salib Suci, ritus itu dilakukan oleh umat satu persatu.

Pada ritus ini bertujuan agar seluruh umat memusatkan perhatian pada Salib sebagai sumber kebahagiaan. Ibadat berlanjut pada ritus komuni, ritus itu mengajak umat untuk memetik buah-buah Salib. Dan Ibadat diakhiri dengan berkat dari Imam. Umat pun meninggalkan gereja dalam suasana hening tanpa ada nyanyian penutup.

Download Pasio Kisah Sengsara Yesus Kristus PDF

Download Pasio Kisah Sengsara Yesus Kristus MP3 (Audio)

Dengarkan secara online

Baca Juga : Renungan Harian Katolik Jumat Agung 2 April 2021

Baca Juga : Renungan Harian Katolik Sabtu Suci 3 April 2021


Renungan Harian Katolik