Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa 4 bagian Misa yang berbeda?

Berikut adalah empat bagian Misa yang berbeda dan arti setiap bagian.

Dalam Ritus Roma Gereja Katolik, ada empat bagian Misa yang berbeda. Bagian-bagian ini masing-masing menandakan kebenaran spiritual yang berbeda dan memberi kita kemampuan untuk masuk lebih dalam ke dalam misteri Paskah.

Apa 4 bagian Misa yang berbeda?

1. Ritus Pengantar

Bagian pertama Misa difokuskan pada “persiapan,” mempersiapkan hati kita untuk menerima Yesus dalam Sabda dan Ekaristi. Ini adalah masa transisi, ketika kita meninggalkan dosa-dosa kita dan berbalik kepada Tuhan dengan semangat yang diperbarui. Bagian ini terdiri dari beberapa subbagian.

  • Prosesi Masuk
  • Salam
  • Penitensi
  • Puji Tuhan
  • Doa Pembukaan

2. Liturgi Sabda

Bagian utama pertama Misa ini berasal dari pelayanan sinagoga Yahudi dan terdiri dari 2-3 bacaan dari kitab suci, sering dipilih dari Perjanjian Lama dan Baru. Imam atau diaken kemudian akan merenungkan bacaan dalam homilinya, menjelaskannya dan konteksnya dalam sejarah keselamatan.

Ini adalah bagian di mana kita mendengarkan Firman Tuhan dan apa yang Tuhan ingin bicarakan di dalam hati kita. Liturgi Sabda diakhiri dengan "Doa Universal", yang lebih dikenal sebagai " doa syafaat".

3. Liturgi Ekaristi

Bagian ketiga dari Misa adalah presentasi ulang dari Perjamuan Terakhir, di mana Yesus melembagakan Ekaristi dan memberikan kepada para rasulnya tubuh dan darahnya, di bawah rupa roti dan anggur.

Ini bukan sekadar pengulangan peristiwa masa lalu, tetapi merupakan realitas mistik di mana kita dibawa ke Perjamuan Terakhir dan Gunung Kalvari di kaki salib. The Katekismus Gereja Katolik menawarkan penjelasan yang lebih tepat.

Ekaristi adalah peringatan Paskah Kristus, persembahan dan persembahan sakramental dari pengorbanan unik-Nya, dalam liturgi Gereja yang adalah Tubuh-Nya.

Dalam pengertian Kitab Suci, tugu peringatan tidak hanya mengingat peristiwa masa lalu, tetapi juga proklamasi karya-karya besar yang dilakukan Tuhan untuk manusia. Dalam perayaan liturgi peristiwa-peristiwa ini, dengan cara tertentu mereka menjadi hadir dan nyata. (CCC 1362-1363)

Ini juga merupakan bagian dari Misa ketika kita menerima Yesus sendiri, tubuh, darah, jiwa dan keilahian-Nya, dalam persekutuan suci.

4. Ritus Penutup

Bagian terakhir dari Misa adalah penutup dari ritus liturgi, tetapi juga sebuah "komisi", di mana kita diutus ke dunia. Ini khususnya terbukti ketika kata-kata pemberhentian berikut digunakan.

Pergi dan beritakan Injil Tuhan

Pergilah dengan damai, muliakan Tuhan dengan hidup Anda

Kita harus mengambil rahmat yang kita terima dalam Misa dan menyebarkannya dengan gembira kepada orang-orang di sekitar kita.

Sumber : https://aleteia.org/2021/05/05/what-are-the-4-different-parts-of-the-mass
Kalender Liturgi Juli 2021:
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min



1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31