Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Silakan klik pada tanggal untuk mendapatkan bacaan secara lengkap

Kalender Liturgi Juni - 2021

MinSenSelRabKamJumSab
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930   

Paus Fransiskus Beatifikasi Dokter Miskin Venezuela

Beatifikasi, Venezuela, Dokter Miskin, gereja katolik
Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan duta besar Vatikan untuk Venezuela Aldo Giordano melihat foto berbingkai Dokter orang miskin Venezuela Jose Gregorio Hernandez, setelah beatifikasinya di Caracas, Venezuela, 30 April 2021.

Seorang dokter Venezuela , yang meninggal lebih dari 100 tahun lalu, dihormati sebagai "dokter orang miskin" karena pelayanannya tanpa pamrih selama pandemi Flu Spanyol. Dia dibeatifikasi oleh Gereja Katolik hari Jumat waktu Caracas.

Upacara di Caracas sudah lama ditunggu oleh banyak warga Venezuela, dan awalnya akan diadakan di stadion besar dengan ribuan orang yang hadir, tetapi diperkecil karena pandemi virus corona (COVID-19).

Paus Fransiskus menandatangani keputusan beatifikasi untuk Jose Gregorio Hernandez pada Juli tahun lalu setelah mukjizat yang dikaitkan dengan mendiang ahli bakteriologi itu diakui oleh Gereja Katolik.

Yaxury Solorzano, seorang gadis berusia 10 tahun, ditembak di kepala pada tahun 2017. Dokter mengatakan dia akan mengalami kerusakan otak secara permanen jika dia selamat, tetapi Solorzano pulih setelah Ibunya berdoa kepada Hernandez.

Hernandez lahir pada tahun 1864, belajar di Paris, Berlin, Madrid dan New York, dan meninggal di Caracas pada tahun 1919 setelah ditabrak mobil.

Beatifikasi itu terjadi di tengah lonjakan kasus virus Corona di Venezuela, seabad setelah Hernandez dikenal sebagai "dokter orang miskin" untuk perawatan pasien selama pandemi global besar lainnya, Flu Spanyol.

Dia memberikan perawatan gratis kepada yang paling miskin.

Solorzano dan keluarganya hadir bersama kerabat dokter Hernandez dalam upacara beatifikasi.

Pesan Paus Fransiskus

Meskipun penyelenggara mendesak orang-orang untuk menandai acara tersebut dengan cara yang aman dengan mengubah rumah mereka menjadi "kuil kecil", beberapa ratus umat Katolik berkumpul di luar sebuah gereja di lingkungan La Candelaria, tempat jenazah Hernandez "ditahan" hingga tahun lalu, ketika digali untuk beatifikasi.

Bunga dan bendera Venezuela dipasang di sudut jalan tempat dia meninggal.

Dalam pesan untuk menandai kesempatan itu, Paus Fransiskus memuji Hernandez sebagai "orang yang melayani universal."

Sumber : https://international.sindonews.com/read/414936/42/paus-fransiskus-beatifikasi-dokter-orang-miskin-venezuela-1619856332

 => Daftar Bacaan dan Renungan Harian Bulan Juni 2021