Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Santo Antonius dari Florence

Perayaan : 10 Mei (Bapa Kaum Miskin)
Santo Antonius dari Florence,law firm,car donate,car donation,Personal Injury,Medical Malpractice,Criminal Law,DUI,Family Law,Bankruptcy,Business Law,Consumer Law,Employment Law,Estate  Planning,Foreclosure Defense,Immigration Law,Intellectual Property,Nursing Home Abuse,Probate,Products Liability,Real Estate Law,Tax Law,Traffic Tickets,Workers  Compensation

Hidup Membiara Santo

Antonius sejak kecil telah menunjukkan bahwa ia memiliki kehendak baik serta kemauan keras. Menurut cerita, ketika usianya lima belas tahun, ia mohon diijinkan untuk masuk biara Dominikan. Dihadapan Prior (pemimpin biara) Antonius tampak begitu belia dan mungil. Bapa Prior berpikir sejenak, kemudian tersenyum dan berkata, “Aku akan menerimamu apabila kamu telah hafal `Dekret Gratia' di luar kepala. `Dekret Gratia' adalah sebuah buku yang tebalnya beberapa ratus halaman. Jadi, dengan kata lain, prior sedang mengatakan “tidak” kepada Antonius.

Baca Juga : Santo Paus Benediktus II

Tetapi, Antonius menerima tantangan itu. Satu tahun kemudian dia kembali. Sulit dibayangkan betapa terperanjatnya Prior biara Dominikan itu ketika mengetahui bahwa Antonius telah menghafalkan seluruh dekret!. Tak diragukan lagi, seketika itu juga ia diterima. Bukan karena kemampuannya menghafal yang mengubah pikiran sang Prior, melainkan karena ia telah membuktikan kesungguhannya dalam menjawab panggilan hidupnya.

Meskipun usianya baru enam belas tahun, Antonius terus mengejutkan banyak orang dengan cara hidupnya di biara. Sementara ia semakin dewasa, jabatan-jabatan penting silih berganti dipercayakan kepadanya. Antonius menanamkan pengaruh yang baik kepada para rekan biarawan Dominikan. Mereka semua mengasihi serta menghormatinya. Hal ini terlihat nyata dalam kisah hidup Beato Antonius Neyrot yang sangat menghormati kesucian hidup membiara Santo Antonius dari Florence.

Baca Juga : Beato Nicholas Albergati

Bapa Kaum Miskin

Pada bulan Maret 1446, Antonius ditahbiskan sebagai Uskup Agung Florence, Italia. “Bapa kaum miskin” adalah julukan yang diberikan orang kepadanya. Tidak pernah ia menolak untuk memberikan pertolongan kepada siapa pun. Apabila ia tidak lagi mempunyai uang, ia akan memberikan pakaiannya, sepatunya, perabotannya bahkan satu-satunya keledai yang biasa ditungganginya. Berulang kali keledainya itu dijualnya untuk menolong orang lain. Dan berulang kali pula keledai itu ditebus oleh orang-orang kaya lalu dikembalikan padanya. Tentu saja, ia akan menjualnya lagi untuk menolong orang-orang yang lain lagi!

Baca Juga : Santo Amatus Ronconi

Tutup Usia

Seringkali Santo Antonius mengatakan, “Seorang penerus para rasul hendaknya tidak memiliki apa pun kecuali kekayaan kebajikan.” St.Antonius dari Florence wafat pada tahun 1459. Ia dinyatakan kudus pada tahun 1523.

© Renungan Katolik Hari ini
Renungan Harian Katolik
Renungan Harian Katolik Renungan Harian Katolik, Renungan Katolik Hari ini, Renungan Harian Hari ini, Renungan Bacaan Injil Hari ini, Renungan Pagi Katolik, Bacaan Injil Hari ini, Bacaan Injil Katolik Hari ini, Bacaan Liturgi Katolik Hari ini, Bacaan Harian Katolik, Bacaan Liturgi Harian Katolik, Injil Hari ini.

Daftar Bacaan Liturgi dan Renungan Harian Katolik Bulan September 2021 ->> Klik Disini




Download di Play Store ->> KLIK DISINI