Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Santo Bernardus dari Menthon

Perayaan : 28 Mei
Santo Bernardus dari Menthon, Law Firm, Car Donate, Car Donation, Personal Injury, Medical Malpractice, Criminal Law, DUI,Family Law, Bankruptcy, Business Law, Consumer Law, Employment Law, Estate  Planning, Foreclosure Defense, Immigration Law, Intellectual Property, Nursing Home Abuse, Probate, Products Liability, Real Estate Law, Tax Law, Traffic Tickets, Workers  Compensation

Menjadi Vikaris Jendral Keuskupan Aosta

Santo Bernardus dari Menthon (Montjoux) lahir sekitar tahun 1020, mungkin di Château de Menthon, dekat Annecy, di County of Savoy, Kerajaan Arles (sekarang Perancis). Dia berasal dari keluarga bangsawan dan memperoleh pendidikan yang baik. Saat ia dewasa, Bernardus menolak pernikahannya dengan seorang puteri bangsawan pilihan kedua orangtuanya. Ia lebih memilih untuk mengabdikan dirinya melayani Gereja dan menjadi seorang biarawan.

Dalam legenda populer dikatakan bahwa Bernardus melarikan diri dari kastil keluarganya pada malam sebelum hari pernikahan. Ia melompat dari jendela kastil setinggi 40 kaki (12 meter) dari permukaan tanah dan tubuhnya ditangkap oleh para malaikat yang membawanya turun dengan selamat.

Bernardus lalu pergi ke Aosta, sebuah kota di Italia Utara yang terletak di tengah pegunungan Alpen sekitar 50 mil dari perbatasan Perancis dan Swiss. Disini ia menempuh pendidikan calon imam dibawah bimbingan Petrus Val d’ Isere, seorang diakon agung di Keuskupan Aosta. Benardus yang cerdas, dengan cepat menyelesaikan pendidikannya dan ditahbiskan menjadi seorang imam. Kemudian, karena kecerdasan dan semangat kerasulannya, ia diangkat menjadi Vikaris Jendral Keuskupan Aosta. Dalam jabatan ini, Bernardus membawa angin pembaharuan di antara rekan-rekannya sesama imam dan biarawan. Ia berupaya merombak aturan-aturan biara yang kaku dan terlalu klerikal serta mendorong mereka untuk rajin berkeliling mewartakan iman seluruh wilayah keuskupan.

Baca Juga : Santo Agustinus dari Canterbury

Saint Bernard Dog

Pada abad pertengahan, para peziarah dari Perancis dan Jerman biasanya datang ke Roma melalui dua jalur jalan di pegunungan Alpen. Banyak dari mereka yang mati kedinginan karena badai salju, atau tewas ditangan para perampok yang merajalela di sepanjang rute perjalanan. Untuk menolong mereka, Bernardus lalu mendirikan sebuah komunitas religius yang mengelola rumah penginapan di antara dua jalur jalan tersebut, tepatnya di gunung Jovis (Mentjoux), yang sekarang dikenal sebagai Mont Blanc. Bernardus mengadopsi regula (aturan hidup membiara) Santo Agustinus bagi komunitas yang didirikannya dan segera menerima pengakuan dan ijin khusus dari Sri Paus atas komunitas tersebut.

Ia membimbing para biarawan dan para pekerja awam di rumah penginapan tersebut dalam karya perlayanan bagi para peziarah. Tugas utama mereka adalah membantu para peziarah dalam semua kesulitannya dengan menyediakan makanan dan penginapan, menemukan peziarah yang tersesat dan memberi pemakaman yang layak bagi mereka yang meninggal dunia. Dalam menjalankan tugas berat ini, para biarawan mengandalkan bantuan dari Anjing gembala Swiss yang dikenal setia, tangguh, dan mampu bertahan hidup dalam cuaca ekstrim di pegunungan Alpen. Biara dan dua rumah penginapan ini sungguh membantu para peziarah dalam perjalanan menuju kota Roma dan kembali dengan selamat ke tempat asal mereka.

Anjing Santo Bernardus
Anjing gembala Swiss yang membantu tugas Santo Bernardus dalam menyelamatkan para peziarah yang tersesat atau mencari mereka yang tewas di pegunungan Alpen saat ini disebut : Anjing Santo Bernardus (Saint Bernard Dog). Ras anjing ini kembali populer pada awal tahun 1990-an melalui serial film Hollywood : Beethoven.

Kemurahan hati dan keramah-tamahan Santo Bernardus dan para pengikutnya segera menjadi buah bibir diseantero Eropa. Berbagai legenda lahir dari ketenaran karya pelayanan mereka. Banyak orang datang bergabung dengan komunitas ini dan banyak pihak berupaya membantu karya amal mereka. Para bangsawan yang berterimakasih atas pelayanan Santo Bernardus dan para pengikutnya menyumbangkan sejumlah besar dana demi kemajuan karya pelayanan mereka.

Baca Juga : Santa Mariana de Jesús

Tutup Usia

Setelah berkarya selama lebih dari 40 tahun, Santo Bernardus tutup usia pada tanggal 28 Mei 1081 di biara Santo Laurensius, di Novara, Italia. Ia dikanonisasi oleh Paus Inosensius XI pada tahun 1681 dan pada tahun 1923 ia diangkat sebagai santo pelindung para pencinta pegunungan Alpen dan para pendaki gunung oleh Paus Pius XI.

Pada abad keduabelas, biara dan rumah-rumah penginapan Santo Bernardus runtuh diterpa badai salju. Sebagai gantinya didirikan lagi dua buah rumah penginapan yang baru bersama dua buah biara, yang masing-masing terletak di dua jalur jalan itu. Kedua rumah penginapan dan biara tersebut masih beroperasi sampai hari ini. Dan dua jalur perziarahan tersebut sekarang dikenal dengan nama Jalan Besar Santo Bernardus dan Jalan Kecil Santo Bernardus.

© Renungan Katolik Hari ini
Kalender Liturgi Juli 2021:
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min



1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31