Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Santo Filipus Rasul

Perayaan : 3 Mei
Santo Filipus Rasul,law firm,car donate,car donation,Personal Injury,Medical Malpractice,Criminal Law,DUI,Family Law,Bankruptcy,Business Law,Consumer Law,Employment Law,Estate Planning,Foreclosure Defense,Immigration Law,Intellectual Property,Nursing Home Abuse,Probate,Products Liability,Real Estate Law,Tax Law,Traffic Tickets,Workers Compensation

"Ikutlah Aku"

Filipus merupakan salah seorang dari para rasul-Nya yang pertama. Tuhan Yesus bertemu dengannya dan berkata, “Ikutlah Aku!”

Filipus sangat bersukacita bersama Yesus. Ia ingin membagikan sukacitanya itu kepada sahabatnya, Natanael. “Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi,” kata Filipus, “yaitu Yesus dari Nazaret.” Natanael tidak ikut bergembira. Nazaret hanyalah sebuah kota kecil, dan bukannya suatu kota besar dan penting seperti Yerusalem. Jadi, kata Natanael, “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?” Tetapi, Filipus tidak marah mendengar jawaban sahabatnya itu. Ia hanya mengatakan, “Mari dan lihatlah!” Natanael pergi menjumpai Yesus. Setelah berbicara dengan-Nya, Natanael juga menjadi seorang pengikut Kristus yang setia.

Baca Juga :
  1. Santo Athanasius
  2. Santa Waltrudis
  3. Santo Yosef Pekerja

Berasal dari Gelilea

Filipus berasal dari kota Betsaida di Galilea sama seperti rasul Andreas dan rasul Petrus. Kemungkinan besar ia juga adalah seorang nelayan seperti mereka. Ia seorang yang polos hati; atau mungkin terlampau polos dan lugu. Karena keluguannya suatu kali secara spontan pernah ia bertanya pada Yesus :

"Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami." (Yoh 14:8).

Dan atas pertanyaannya itu Filipus memperoleh sebuah teguran :

"Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami?” (Yoh 14:9)

Baca Juga :
  1. Beata Eugenia de Smet
  2. Santa Magdalena de Canossa
  3. Santo Benediktus Yoseph Labre

Karya Rasul Filipus

Setelah Yesus bangkit; Filipus adalah salah satu murid Yesus yang karyanya paling banyak dicatat dalam kitab Kisah Para Rasul, selain Petrus dan Paulus. Filipus pergi memberitakan Injil di Samaria. Disana Ia membuat begitu banyak tanda mukjizat hingga penduduk kota dengan bulat hati menerima kabar gembira yang dibawanya. Filipus yang penuh dengan kuasa Roh Kudus mengusir banyak roh jahat yang merasuki orang-orang disitu. Ia juga menyembuhkan banyak orang lumpuh dan orang timpang sehingga semua orang, besar kecil, mengikuti dia.

Setelah itu nama Rasul Filipus kemudian tidak lagi disebutkan dalam kitab Kisah Para Rasul. Lukas sang penulis kitab lebih memfokuskan tulisannya pada kisah dan karya dari Rasul Petrus dan Paulus. Menurut tradisi masyarakat Kristen perdana; Filipus berkarya di Syria, Phrygia dan di sekitar Asia Kecil dimana ia kemudian wafat sebagai martir di Hierapolis Phrygia (sekarang wilayah Turki).

Baca Juga :
  1. Santo Laurensius Giustiniani
  2. Santo Paus Alexander I
  3. Santo Kuriakose Elias Chavara

Makam Rasul Filipus

Pada tanggal 27 Juli, 2011, Kantor Berita Turki melaporkan bahwa para arkeolog telah menemukan sebuah makam yang diklaim sebagai Makam Santo Filipus Rasul. Profesor Francesco D'Andria dari Italia menyatakan bahwa selama penggalian di Hierapolis dekat dengan kota Denizli Turki, para ilmuwan telah menemukan makam, dalam sebuah gereja yang baru ditemukan. Dia menyatakan bahwa desain Makam, dan tulisan-tulisan di dinding, definitif membuktikan bahwa makam itu adalah makam Rasul Filipus.

© Renungan Katolik Hari ini
Admin
Admin Download Aplikasi di Play Store Klik Disini