Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Santo Paus Benediktus II

Perayaan : 7 Mei (Paus Gereja Katolik Ke-81)
Santo Paus Benediktus II,law firm,car donate,car donation,Personal Injury,Medical Malpractice,Criminal Law,DUI,Family Law,Bankruptcy,Business Law,Consumer Law,Employment Law,Estate Planning,Foreclosure Defense,Immigration Law,Intellectual Property,Nursing Home Abuse,Probate,Products Liability,Real Estate Law,Tax Law,Traffic Tickets,Workers Compensation

Paus Gereja Katolik Ke-81

Santo Paus Benediktus II adalah Paus kita yang ke-81. Ia lahir pada tahun 635 di Kota Roma. Nama aslinya sebelum terpilih menjadi paus adalah Benediktus Sabellus. Sedikit informasi yang bisa diperoleh mengenai keluarganya adalah bahwa ayahnya bernama Yohanes Sabellus dan keluarganya adalah warga Kristen di kota Roma yang terpelajar dan saleh. Benediktus adalah seorang imam yang dikenal sangat rendah hati, cerdas, dan ahli dalam masalah Kitab Suci. Sebelum terpilih menjadi paus ia sudah terpilih untuk menjadi asisten dari dua orang paus sebelumnya yaitu Paus Agathus (678-681) dan Paus Leo II (682-683).

Baca Juga :
  1. François de Montmorency Laval
  2. Santo Hilarius dari Arles
  3. Santo Arbeo dari Freising

Karya Kepausan

Setelah Paus Leo II meninggal pada tahun 683, Benediktus terpilih menggantikannya. Namun penobatannya sebagai Paus, baru bisa terlaksana pada tanggal 26 Juni 684 setelah kaisar Konstantinus IV (Konstantinus Pogonatus) memberikan persetujuaan dan restunya. Dalam masa kepemimpinannya, Benediktus berhasil meyakinkan kaisar agar menghapuskan keharusan memperoleh ijin dan pengesahan dari kaisar bagi para calon Paus dan para paus terpilih yang akan dilantik. Hal ini memberikan kebebasan penuh kepada Gereja dan umat Katolik di Roma untuk menentukan para kandidat dalam proses pemilihan paus dan kebebasan penuh untuk melantik para paus terpilih. Paus Benediktus II juga secara simbolik mengadopsi dua orang putra Kaisar yaitu : pangeran mahkota Yustinianus and pangeran Heraklius.

Dalam masa kepausannya yang hanya berlangsung selama sepuluh bulan; Paus Benediktus II telah berkarya dengan sangat luar biasa bagi Gereja. Ia gigih mempertahankan ajaran gereja terhadap serangan ajaran sesat Monothelithisme. Ia juga sangat dicintai umatnya karena kemurahan hatinya dan kepeduliannya kesejahteraan mereka; khususnya bagi kaum miskin dan melarat. Ia merenovasi banyak gedung gereja dalam kota Roma dan giat melakukan karya-karya cinta kasih.

Baca Juga :
  1. Santo Filipus Rasul
  2. Santo Athanasius
  3. Santo Yosef Pekerja

Tutup Usia

Santo Paus Benediktus II meninggal dunia pada tanggal 8 Mei 685 dan dimakamkan di Basilika Santo Petrus di Roma.

© Renungan Katolik Hari ini
Kalender Liturgi Juli 2021:
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min



1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31