Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Santo Paus Bonifasius IV

Perayaan : 25 Mei
Santo Paus Bonifasius IV, Law Firm, Car Donate, Car Donation, Personal Injury, Medical Malpractice, Criminal Law, DUI,Family Law, Bankruptcy, Business Law, Consumer Law, Employment Law, Estate  Planning, Foreclosure Defense, Immigration Law, Intellectual Property, Nursing Home Abuse, Probate, Products Liability, Real Estate Law, Tax Law, Traffic Tickets, Workers  Compensation

Paus Ke-67

Santo Paus Bonifasius IV adalah paus kita yang ke-67. Ia memimpin Gereja Kristus sejak tahun 608 M sampai hari kematiannya di tahun 615 M.

Nama asli beliau tidak diketahui. Ia lahir di kota Valeria, Italia, sekitar tahun 550 M dan adalah anak seorang dokter ternama bernama Giovanni. Sejak masa paus Gregorius I (atau Gregorius Agung, paus ke-64, masa kepausan 590-604M), ia telah ditahbiskan menjadi Diakon Agung kota Roma dan bertugas sebagai pengelola administrasi tahta suci. Pada tanggal 25 Agustus 608, ia terpilih menggantikan paus Bonifasius III, (Paus ke-66, masa kepausan sejak Februari 607 - November 607), yang wafat setelah memimpin gereja selama 9 bulan.

Baca Juga :
  1. Santo Polikarpus
  2. Santo Vinsensius dari Lérins
  3. Santo Amatus Ronconi

Mentransformasi Kuil Pantheon

Selama masa ke-Pausannya, Bonifasius IV berhasil memperoleh izin dari Kaisar Phocas (Flavius Phocas Augustus Kaisar Romawi Timur 602-610M) untuk merombak Pantheon menjadi Gereja.

Pantheon, Pantheon di Roma, Kuil Pantheon
Pantheon, yang berarti : "Rumah para Dewa" (Yunani), adalah sebuah kuil kafir berbentuk bulat di pusat kota Roma. Bangunan ini mulai dikonstruksikan pada tahun 27 SM dan diselesaikan pada tahun 126 M di masa Pemerintahan Kaisar Hadrian (118 SM-28 M). Paus Bonifasius IV mengkuduskan kuil ini dan menjadikannya Gereja sejak tahun 609M. Selain sebagai Gereja, bangunan ini sekarang menjadi tempat pemakaman bagi pahlawan nasional dan tokoh-tokoh ternama Italia seperti Raja Emmanuel I dan pelukis Renaissance, Raphael.

Pantheon menjadi kuil kafir pertama di Roma yang di rombak dan dikuduskan menjadi Gereja. Gereja ini diberi nama : Chiesa di Santa Maria Martyres dan dipersembahkan kepada bunda Maria dan para martir kudus. Untuk itu Paus Bonifasius IV memindahkan banyak relikwi para kudus dari katakombe-katakombe disekitar Roma dan menempatkan di bawah altar gereja tersebut. Perombakan Pantheon mengawali transformasi seluruh kuil kafir di kota Roma yang secara bertahap disucikan dan dialih-fungsikan menjadi Gereja.

Baca Juga :
  1. Santo Romanus dari Subiaco
  2. Santo Paskalis Baylon
  3. Santo Montanus

Tutup Usia

Paus Bonifasius IV dikenang sebagai seorang Paus yang tegas namun murah hati. Ia bahkan menyerahkan rumah keluarganya kepada Gereja dan merubahnya menjadi sebuah biara. Ditempat inilah beliau wafat pada 8 Mei 615 dalam usia 65 tahun.

© Renungan Katolik Hari ini
Renungan Harian Katolik
Renungan Harian Katolik Renungan Harian Katolik, Renungan Katolik Hari ini, Renungan Harian Hari ini, Renungan Bacaan Injil Hari ini, Renungan Pagi Katolik, Bacaan Injil Hari ini, Bacaan Injil Katolik Hari ini, Bacaan Liturgi Katolik Hari ini, Bacaan Harian Katolik, Bacaan Liturgi Harian Katolik, Injil Hari ini.

Daftar Bacaan Liturgi dan Renungan Harian Katolik Bulan September 2021 ->> Klik Disini




Download di Play Store ->> KLIK DISINI