Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Santo Paus Yohanes I

Perayaan : 18 Mei
Santo Paus Yohanes I,law firm,car donate,car donation,Personal Injury,Medical Malpractice,Criminal Law,DUI,Family Law,Bankruptcy,Business Law,Consumer Law,Employment Law,Estate  Planning,Foreclosure Defense,Immigration Law,Intellectual Property,Nursing Home Abuse,Probate,Products Liability,Real Estate Law,Tax Law,Traffic Tickets,Workers  Compensation

Paus Ke-53

Yohanes I paus kita yang ke-53. Ia terpilih menjadi paus menggantikan Paus St.Hormisdas yang wafat pada tahun 523. Yohanes sudah berusia sangat tua dan renta saat terpilih menjadi paus.

Pada masa itu, penguasa Italia adalah Kaisar Theodoric Agung dari Ostrogotik. Kaisar ini adalah pengikut bidaah Arian yang menyangkal bahwa Yesus adalah Tuhan. Pada awal kekuasaannya Theodoric tidak mengusik orang-orang Katolik. Tetapi, kemudian ia berubah dan menjadi sombong serta penuh curiga terhadap setiap orang. Ia membayangkan adanya suatu persekongkolan melawan dirinya. Tak lama berselang, ia mengalami phobia dan menjadi percaya bahwa seluruh dunia sedang berusaha merebut tahta dan kekuasaannya. Satu-satunya orang yang hampir pasti tak menginginkan tahta maupun kekuasaannya adalah paus.

Baca Juga :
  1. Santo Andreas Bobola
  2. François de Montmorency Laval
  3. Santo Damianus de Veuster

Misi Paus Yohanes I

Tanpa menghiraukan protes paus Yohanes I, Theodoric mengutus paus memimpin suatu delegasi ke Konstantinopel untuk melunakkan Dekrit kaisar Yustinus I yang sangat menekan kaum Arian. Theodoric mengancam bahwa jika Paus gagal dalam misi ini, ia akan bertindak sangat keras terhadap orang Katolik. Kaisar Yustinus I menyambut paus berserta pengikutnya dengan gembira. Yustinus I dengan senang hati bersedia mengubah kebijakannya yang keras. Misi Paus Yohanes berhasil gemilang. Namun demikian, kesuksesan misi itu justru membuat Kaisar Theodoric merasa curiga. Ia membayangkan bahwa Paus Yohanes dan Kaisar Yustinus sedang bersekongkol untuk melawannya.

Baca Juga :
  1. Santa Dymphna
  2. Santo Paskalis Baylon
  3. Santo Klemens Maria Hofbauer

Tutup Usia

Dalam perjalan kembali ke Roma Paus Yohannes I diculik dan dilemparkan ke dalam penjara oleh para prajurit Theodoric. Paus yang sudah berusia lanjut ini kemudian wafat akibat kehausan dan kelaparan didalam penjara pada tahun 526.

© Renungan Katolik Hari ini
Kalender Liturgi Juli 2021:
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min



1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31