Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bacaan Injil dan Renungan Harian Katolik Jumat, 27 Agustus 2021

Renungan Harian Katolik Jumat 27 Agustus 2021, Bacaan Injil Jumat 27 Agustus 2021, Peringatan Wajib Santa Monika, Pekan Biasa XXI, Warna Liturgi Putih

Bacaan Pertama: 1 Tesalonika 4:1-8

Mazmur Tanggapan: Mazmur 97:1.2b.5-6.10.11-12

Bacaan Injil: Matius 25:1-13

Renungan Harian Katolik Jumat 27 Agustus 2021, Renunga Harian Jumat 27 Agustus 2021, Injil Katolik Hari Jumat 27 Agustus 2021

Bacaan I : 1Tes.4:1-8

Inilah kehendak Allah, yaitu supaya kamu semua kudus.

Saudara-saudara, demi Tuhan Yesus kami minta dan menasihati kalian: Kalian telah mendengar dari kami, bagaimana kamu harus hidup supaya berkenan kepada Allah. Hal itu memang sudah kalian turuti! Tetapi baiklah kalian melakukannya lebih bersungguh-sungguh lagi. Kalian tahu juga petunjuk-petunjuk mana yang telah kami berikan kepadamu atas nama Tuhan Yesus. Yang dikehendaki Allah adalah supaya kamu semua kudus. Ia menghendaki agar kalian menjauhi percabulan. Hendaknya kamu masing-masing hidup dengan isterinya sendiri, dalam kekudusan dan kehormatan, bukan dalam keinginan hawa nafsu, seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah. Dalam hal-hal ini jangan ada orang memperlakukan saudaranya dengan tidak baik atau memperdayakannya. Sebab Tuhan akan membalas semuanya itu, sebagaimana dahulu telah kami katakan dan kami tegaskan kepadamu. Allah memanggil kita bukan untuk melakukan yang cemar, melainkan untuk melakukan apa yang kudus. Karena itu barangsiapa menolak ini, bukanlah menolak manusia, melainkan menolak Allah yang telah memberikan Roh Kudus-Nya juga kepadamu.
Demikianlah Sabda Tuhan.

Mazmur : 97:1.2b.5-6.10.11-12

Ref. Bersukacitalah dalam Tuhan, hai orang benar.

  • Tuhan adalah Raja. Biarlah bumi bersorak-sorai, biarlah banyak pulau bersukacita! Keadilan dan hukum adalah tumpuan takhta-Nya.
  • Gunung-gunung luluh laksana lilin di hadapan Tuhan, di hadapan Tuhan semesta alam. Langit memberitakan keadilan-Nya dan segala bangsa melihat kemuliaan-Nya.
  • Hai orang-orang yang mengasihi Tuhan, bencilah kejahatan! Dia memelihara nyawa orang-orang yang dikasihi-Nya, dan akan melepaskan mereka dari tangan orang-orang fasik.
  • Terang sudah terbit bagi orang benar, dan sukacita bagi orang-orang yang tulus hati. Bersukacitalah karena Tuhan, hai orang-orang benar, dan nyanyikanlah syukur bagi nama-Nya yang kudus.

Bacaan Injil Jumat 27 Agustus 2021 : Matius 25:1-13

Lihatlah pengantin datang, pergilah menyongsong dia!

Pada suatu hari Yesus mengucapkan perumpamaan ini kepada murid-murid-Nya, “Hal Kerajaan Surga itu seumpama sepuluh gadis, yang mengambil pelitanya dan pergi menyongsong pengantin. Lima di antaranya bodoh dan lima bijaksana. Yang bodoh membawa pelita, tetapi tidak membawa minyak dalam buli-bulinya. Tetapi karena pengantin itu lama tidak datang-datang, mengantuklah mereka semua, lalu tertidur. Tengah malam terdengarlah suara berseru, ‘Pengantin datang! Songsonglah dia!’ Gadis-gadis itu pun bangun semuanya lalu membereskan pelita mereka. Yang bodoh berkata kepada yang bijaksana, ‘Berilah kami minyakmu sedikit, sebab pelita kami mau padam.’ Tetapi yang bijaksana menjawab, ‘Tidak, jangan-jangan nanti tidak cukup untuk kami dan untuk kalian. Lebih baik kalian pergi membelinya pada penjual minyak.’ Tetapi sementara mereka pergi membelinya, datanglah pengantin, dan yang sudah siap sedia masuk bersama dia ke dalam ruang perjamuan nikah. Lalu pintu ditutup. Kemudian datanglah juga gadis-gadis yang lain itu dan berkata, ‘Tuan, Tuan, bukakanlah kami pintu!’ Tetapi tuan itu menjawab, ‘Sungguh, aku berkata kepadamu, aku tidak mengenal kalian.’ Karena itu, berjaga-jagalah sebab kalian tidak tahu akan hari maupun saatnya.”
Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan Harian Katolik Jumat 27 Agustus 2021

Santa Monika adalah ibunda Santo Agustinus. Ibu rumah tangga ini tekun berdoa dengan cucuran air mata demi pertobatan si anak brandal, Agustinus. Doanya terkabul setelah dua puluh tahun berjuang dan berdoa siang dan malam. Agustinus pun bertobat dan akhirnya menjadi orang kudus besar dalam Gereja. Teladan Santa Monika telah banyak diikuti oleh para ibu rumah tangga. Mereka tekun berdoa bagi anak-anaknya. Kekuatan kita seringkali ditopang oleh doa ibu kita yang penuh iman.

Kita bisa membayangkan betapa sedihnya seorang ibu yang sudah janda dan ditinggal mati anak laki-laki semata wayangnya. Kurang lebih sama dengan kesedihan Monika karena Agustinus, anak lelaki yang begitu dibangga-banggakan, "telah mati" iman dan moralnya. Kecemerlangan intelektualnya berbanding terbalik dengan kehidupan iman dan moralnya. Namun sungguh beruntung, kedua anak muda ini: pemuda Nain dan Agustinus, masing-masing mempunyai ibu yang sungguh beriman, yang dengan terus-menerus berdoa sambil mengucurkan air matanya. Bagi Tuhan, itu sudah cukup.

Hati-Nya tergerak oleh belaskasihan, kemudian menghidupkan kembali anak-anak itu. Yesus menyentuh anak muda dari janda Nain yang sudah mati sehingga ia hidup kembali. Hal yang sama dibuat-Nya untuk Agustinus: disentuh-Nya hati dan akal budinya sehingga iman dan moralnya yang sudah "mati" hidup kembali, bahkan terus bertumbuh dan berkembang sebagai seorang yang kudus. Tentu, itu semua tidak dapat dilepaskan dari peran Monika, ibunya, yang terus mendampingi dan mendoakannya sambil mencucurkan air mata selama sekitar 30an tahun. Benarlah ungkapan "Dietro ogni grande uomo, c'è sempre una grende mamma" (di belakang setiap orang besar, selalu ada seorang ibu yang besar)

Doa Renungan Harian Katolik

Allah Bapa, penghibur orang berdukacita, dengan belas kasih Engkau sudah menerima cinta kasih dan air mata Santa Monika demi bertobatnya Santo Agustinus, putranya. Semoga berkat pertolongan mereka berdua kami menangisi segala dosa dan memperoleh kasih sayang rahmat-Mu. Amin.

Bacaan dan Renungan Harian Besok 28 Agustus 2021->> KLIK DISINI