Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bacaan Injil dan Renungan Harian Katolik Rabu, 14 Juli 2021

Bacaan, Injil, Renungan, Katolik, Juli, Rabu 14 Juli 2021, Bacaan Injil Rabu 14 Juli 2021, Renungan Katolik Rabu 14 Juli 2021, Renungan Harian Katolik Rabu 14 Juli 2021

Bacaan I : Keluaran 3:1-6.9-12

Tuhan menampakkan diri dalam nyala api yang keluar dari semak duri

Di tanah Midian Musa biasa menggembalakan kambing domba Yitro, mertuanya, imam di Midian. Sekali peristiwa Musa menggiring kawanannya ke seberang padang gurun, dan tiba di gunung Allah, yaitu Gunung Horeb. Lalu malaikat Tuhan menampakkan diri kepadanya dalam nyala api yang keluar dari semak duri. Musa melihat-lihat, dan tampaklah semak duri itu menyala, tetapi tidak dimakan api. Musa berkata, “Baiklah aku menyimpang ke sana, dan menyelidiki penglihatan hebat itu. Mengapa semak duri itu tidak terbakar?” Ketika dilihat Tuhan bahwa Musa menyimpang untuk memeriksanya, berserulah Allah dari tengah-tengah semak duri itu kepadanya, “Musa, Musa!” Musa menjawab, “Ya, Allah!” Lalu Tuhan bersabda, “Jangan mendekat! Tanggalkanlah kasutmu dari kaki, sebab tempat di mana engkau berdiri itu, tanah kudus.” Tuhan bersabda lagi, “Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub.” Musa lalu menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah. Lalu Tuhan bersabda, “Sekarang seruan Israel telah sampai kepada-Ku. Juga telah Kulihat betapa kerasnya orang Mesir menindas mereka. Maka sekarang pergilah! Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang Israel, keluar dari Mesir.” Tetapi Musa berkata kepada Allah, “Siapakah aku ini, maka aku harus menghadap Firaun dan membawa orang Israel keluar dari Mesir?” Lalu Tuhan bersabda, “Bukankah Aku akan menyertai engkau? Inilah tanda bagimu, bahwa Aku yang mengutus engkau: Apabila engkau telah membawa bangsa itu keluar dari Mesir, maka kalian akan beribadah kepada Allah di gunung ini.”
Demikianlah Sabda Tuhan.

Mazmur : 103:1-2.3-4.6-7

Ref. Pujilah, puji Allah, Tuhan yang maharahim

  • Pujilah Tuhan, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku! Pujilah Tuhan, hai jiwaku, janganlah lupa akan segala kebaikan-Nya.
  • Dialah yang mengampuni segala kesalahanmu, dan menyembuhkan segala penyakitmu! Dialah yang menebus hidupmu dari liang kubur, dan memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat!
  • Tuhan menjalankan keadilan dan hukum bagi semua orang yang diperas. Ia telah memperkenalkan jalan-jalan-Nya kepada Musa, dan memaklumkan perbuatan-perbuatan-Nya kepada orang Israel.

Bacaan Injil Rabu 14 Juli 2021 : Matius 11:25-27

Yang Kau sembunyikan kepada kaum cerdik pandai, Kau nyatakan kepada orang kecil

Sekali peristiwa berkatalah Yesus, “Aku bersyukur kepada-Mu, ya Bapa, Tuhan langit dan bumi! Sebab semuanya itu Kausembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi kaunyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan di hati-Mu. Semua telah diserahkan oleh Bapa-Ku kepada-Ku, dan tidak seorang pun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorang pun mengenal Bapa selain Anak, serta orang-orang yang kepadanya Anak berkenan menyatakannya.”
Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan Harian Katolik Rabu 14 Juli 2021

Kata “Tuhan” dalam bahasa Yunani adalah Kyrios, yang dalam bahasa Inggris adalah “Lord”. Kata ini mempunyai kemiripan arti dengan “Tuan”. Penambahan huruf H. ditengah-tengah mau menunjukan bahwa Tuhan adalah “tuan diatas segala tuan”. Yesus berdoa “Aku bersyukur kepadaMu Bapa, Tuhan langit dan bumi”. Hal ini mau menunjukan kepemilikan Bapa atas srgala ciptaan. Kita semua adalah ciptaan dan milik Tuhan. Tidak ada sesuatupun terjadi dalam kehidupan ini tanpa seijin-Nya. Dengan kata lain, kita percaya bahwa Tuhan selalu menyertai kita dalam kehidupan ini.

Musa adalah orang kepercayaan Firaun. Namun ketika ia ketahuan membunuh orang mesir demi membela bangsanya, ia menjadi seorang penakut dan melarikan diri ke tanah Median. Bahkan ketika Tuhan memerintahkan dia agar menghadap Firaun untuk membebaskan bangsa Israel, ia berkeluh kesah dan mengelak. Dengan kata lain, Musa pada mulanya , lebih takut pada Firaun dibandingkan dengan Tuhan. Musa lebih takut kepada “tuan penguasa Mesir” dari pada Tuhan diatas segala tuan,pemilik langit dan bumi. Namun Tuhan meneguhkan Musa. Tuhan berkata, “bukankah Aku menyertai engkau?” (Kel. 3:12).

Tuhan kita adalah penguasa langit dan bumi. Bukankah itu yang kita katakan dalam credo (syahadat) setiap minggunya, “Aku percaya akan Allah, Bapa yang maha kuasa, pencipta langit dan bumi”?

Dengan credo ini kita menyatakan bahwa Tuhan adalah penguasa kehidupan kita. Inilah pernyataan iman yang juga menyatakan kepercayaan kita akan penyertaan Tuhan.

Mungkin ada sat-saatnya kita menjadi takut , gentar bahkan ingin lari dari sebuah masalah, tantangan, pergumulan dan cobaan kehidupan, sama seperti yang dibuat oleh Musa. Sabda Yesus dalam injil hari ini ingin menyapa dan meneguhkan kita,

Bukankah Aku menyertai engkau?

Jangan takut dan gentar ketika berhadapan dengan aneka problema kehidupan, Tuhan beserta kita.

Doa Renungan Harian Katolik

Allah Bapa Mahasetia, Engkau memberikan janji kedamaian kepada siapa pun yang mengikuti Putra-Mu. Kami mohon, perkenankanlah kami mengangkat beban kami dan dengan demikian dapat mempersiapkan kedamaian bagi sesama di sekitar kami. Amin.

Kalender Liturgi Juli 2021:
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min



1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31