Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Santo Paulinus dari Nola

Perayaan : 22 Juni

Paulinus dilahirkan sekitar tahun 354 di Bordeaux, Perancis. Ayahnya seorang gubernur dan seorang tuan tanah yang kaya-raya. Paulinus mendapat pendidikan yang baik. Ia menjadi seorang pengacara dan seorang penyair. Ia bepergian ke seluruh Perancis, Spanyol dan Italia, kemana saja pekerjaan atau kesenangan membawanya. Pada tahun 381, pada usia duapuluh delapan tahun, ia menjadi Gubernur Campania, Italia.

Santo Paulinus dari Nola

Ketika ia berumur tiga puluh enam tahun, Paulinus dibabtis menjadi seorang kristen. Ia dan isterinya, Theresia, memiliki seorang putera. Ketika putera mereka meninggal dunia, mereka berdua memutuskan untuk menjalani hidup yang lebih religius. mereka membagikan seluruh harta kekayaan mereka kepada orang-orang miskin dan menyisakan hanya yang mereka perlukan untuk bertahan hidup.

Pasangan tersebut berdoa dan bermatiraga. Mereka juga memilih untuk mengucapkan kaul kemurnian guna menyatakan cinta mereka kepada Yesus. Paulinus dan isterinya amat dihormati oleh masyarakat Kristen. Mereka sungguh gembira ketika akhirnya Paulinus memutuskan menjadi seorang imam pada tahun 394. Ia dan Theresia kemudian membentuk suatu komunitas kecil para biarawan di Nola, Italia. Mereka membuka tempat penampungan bagi mereka yang miskin dan para peziarah juga.

Paulinus dan Theresia memutuskan untuk tinggal di Nola. Paulinus ingin tinggal dekat tempat ziarah salah seorang santo favoritnya, St.Felix dari Nola. St.Felix adalah seorang imam yang terkenal karena ketekunannya dalam doa, kasihnya bagi orang banyak, dan cara hidupnya yang miskin dan saleh. Paulinus mohon bantuan doanya dan banyak menulis tentang Santo Felix. Ia merasakan keyakinannya bertambah dengan bantuan Santo Felix. Pada tahun 409, Paulinus dipilih menjadi Uskup Nola.

Umat merasa sangat gembira. Ia seorang yang bijaksana, seorang uskup yang lemah lembut, sama seperti St.Felix. St.Paulinus dipuji banyak orang kudus yang hidup pada jamannya, St.Ambrosius, St.Agustinus, St.Hieronimus, St.Martinus dari Tours dan lain-lain. Walaupun sebagian dari tulisannya yang berharga hilang, tigapuluh dua syair dan limapuluh satu suratnya masih dapat diselamatkan. St. Paulinus menjabat Uskup Nola hingga akhir hayatnya pada tahun 431.

© 2021 - Renungan Harian Katolik


Download di Play Store ->> KLIK DISINI


X