Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bacaan Injil dan Renungan Harian Katolik Sabtu, 4 September 2021

Renungan Harian Katolik Sabtu 4 September 2021, Bacaan Injil Sabtu 4 September 2021, Pekan Biasa XXII, Warna Liturgi Hijau

Bacaan Pertama: Kolose 1:21-23

Mazmur Tanggapan: Mazmur 90:3-5a.12-13.14.17

Bacaan Injil: Lukas 6:1-5

Renungan Harian Katolik Sabtu 4 September 2021, Renungan Harian Sabtu 4 September 2021, Renungan Injil Hari Sabtu 4 September 2021

Bacaan dan Renungan Sabtu 4 September 2021

Bacaan I : Kolose 1:21-23

Allah telah mendamaikan kalian agar kalian ditempatkan di hadapan-Nya dalam keadaan kudus dan tak bercela.

Saudara-saudara, kalian dahulu hidup jauh dari Allah, dan memusuhi Dia dalam hati serta pikiran seperti terbukti dalam perbuatanmu yang jahat. Oleh wafat Kristus sekarang kalian didamaikan Allah dalam tubuh jasmani Kristus agar kalian ditempatkan di hadapan-Nya dalam keadaan kudus, tak bercela dan tak bercacat. Sebab itu kalian harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak goncang. Janganlah kalian mau dijauhkan dari pengharapan Injil yang telah kalian dengar dan telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit; dan aku, Paulus, telah menjadi pelayannya
Demikianlah Sabda Tuhan.

Mazmur : 90:3-5a.12-13.14.17

Ref. Allahlah penolongku.

  • Ya Allah, selamatkanlah aku karena nama-Mu, berilah keadilan kepadaku karena keperkasaan-Mu! Ya Allah, dengarkanlah doaku, berilah telinga kepada ucapan mulutku!
  • Sesungguhnya, Allah adalah penolongku; Tuhanlah yang menopang aku. Dengan rela hati aku akan mempersembahkan kurban kepada-Mu. Aku akan bersyukur sebab baiklah nama-Mu, ya Tuhan.

Bacaan Injil Sabtu 4 September 2021 : Lukas 6:1-5

Mengapa kalian melakukan sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat?

Pada suatu hari Sabat Yesus dan murid-murid-Nya berjalan di ladang gandum. Para murid memetik bulir-bulir gandum, menggisarnya dengan tangan, lalu memakannya. Tetapi beberapa orang Farisi berkata, “Mengapa kalian melakukan sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat?” Maka Yesus menjawab, “Tidakkah kalian baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan para pengikutnya lapar? Ia masuk ke dalam rumah Allah dan mengambil roti sajian. Roti itu dimakannya dan diberikannya kepada para pengikutnya. Padahal roti itu tidak boleh dimakan, kecuali oleh para imam.” Dan Yesus berkata lagi, “Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.”
Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan Harian Katolik Sabtu 4 September 2021

Renungan Harian Katolik Hari ini: Orang-orang Farisi dikenal sebagai orang yang sangat taat kepada peraturan peribadatan. Mereka mentaati semuanya secara harafiah dan merasa dengan cara seperti itu mereka adalah orang yang saleh. Seperti dikisahan dalam bacaan Injil hari ini, orang-orang Farisi mengkritik para murid Yesus yang tidak menjalankan aturan hari Sabat. Dengan kata lain para murid Yesus seharusnya mentaati peraturan yang ada bukan malah melanggarnya dengan memetik gandum dan memakannya.

Untuk menjawab pertanyaan mereka Yesus mengkisahkan peristiwa Daud yang melarikan diri bersama para pengikutnya dari kejaran pembunuhan Raja Saul. Karena rasa lapar yang luar biasa Daud masuk ke bait Allah dan meminta roti-roti sajian yang dikhususkan bagi imam-imam sebagai makanannya dan para pengikutnya. Apa yang dilakukan oleh Daud, sah-sah saja meskipun melanggar aturan demi keselamatan dirinya dan para pengikutnya. Demikian juga Yesus membenarkan tindakan para murid-Nya.

Peraturan dicipta demi memanusiawikan manusia, bukan untuk membelenggu dan membebaninya. Peraturan dicipta untuk mencapai suasana keteraturan dan ketertiban yang lebih baik.

Pada kenyataannya tidak jarang lebih mementingkan peraturan dibanding perikemanusiaan. Padahal, aturan dibuat demi memanusiawikan manusia. Lebih parah lagi peraturan masih bisa diputarbalikkan untuk menguntungkan pihak-pihak tertentu.

Marilah kita berani melihat cara hidup kita masing-masing khususnya dalam menjalankan peraturan, hukum, dsb. Apakah kita mentaati dan menjalankannya secara dewasa dan dalam semangat kasih? Semoga teladan dan ajaran Yesus dapat kita jalankan, yaitu mentaati hukum dengan kasih.

Doa Renungan Harian Katolik

Allah Bapa Maharahim, perkenankanlah kami mengimani warta gembira Putra-Mu. Ajarilah kami selalu berpegang pada pengharapan yang telah Kautumbuhkan di dalam hati kami. Kami mohon jauhkanlah kami dari tipu daya musuh jiwa yang mengacaukan pengertian kami akan hukum utama dalam hidup ini, yakni kasih kepada sesama dan kepada-Mu, kini dan sepanjang masa. Amin.

Bacaan dan Renungan Harian Besok 5 September 2021 (Hari Minggu Kitab Suci Nasional)->> KLIK DISINI