Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bacaan Injil dan Renungan Harian Katolik Kamis 9 Desember 2021

Renungan Harian Katolik Kamis 9 Desember 2021, Hari Biasa Pekan II Adven, Warna Liturgi Ungu.

Bacaan Pertama: Yesaya 41:13-20

Mazmur Tanggapan: Mazmur 145:1.9-13b

Bait Pengantar Injil: Yesaya 45:8

Bacaan Injil: Matius 11:11-15

Renungan Harian Katolik Kamis 9 Desember 2021

Bacaan Pertama: Yesaya 41:13-20

Yang menebus engkau ialah Yang Mahakudus, Allah Israel.

Aku ini Tuhan, Allahmu. Aku memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu, “Janganlah takut. Akulah yang menolong engkau.” Janganlah takut, hai si cacing Yakub, hai si ulat Israel! Akulah yang menolong engkau, demikianlah sabda Tuhan; dan yang menebus engkau ialah Yang Mahakudus, Allah Israel Sesungguhnya, Aku membuat engkau menjadi papan pengirik yang tajam dan baru dengan gigi dua jajar. Engkau akan mengirik gunung-gunung dan menghancurkannya; bukit-bukit pun akan kaubuat seperti sekam. Engkau akan menampi mereka, lalu angin akan menerbangkan mereka, dan badai akan menyerakkan mereka. Tetapi engkau akan bersorak-sorak dalam Tuhan dan bermegah dalam Yang Mahakudus, Allah Israel. Orang-orang sengsara dan orang-orang miskin sedang mencari air, tetapi tidak ada, lidah mereka kering kehausan. Tetapi Aku, Tuhan, akan menjawab mereka, dan sebagai Allah orang Israel, aku tidak akan meninggalkan mereka. Aku akan membuat sungai-sungai memancar di atas bukit-bukit yang gundul, dan membuat mata air membual di tengah dataran. Aku akan membuat padang gurun menjadi telaga, dan memancarkan air dari tanah kering. Aku akan menanam pohon ara di padang gurun, pohon penaga, pohon murad dan pohon minyak. Aku akan menumbuhkan pohon sanobar di padang belantara dan pohon berangan serta cemara di sampingnya, supaya semua orang melihat dan mengetahui, memperhatikan dan memahami, bahwa tangan Tuhanlah yang membuat semuanya itu, dan Yang Mahakudus, Allah Israel, yang menciptakannya.

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur: 145:1.9-13b

Ref. Tuhan itu pengasih dan penyayang, panjang sabar dan besar kasih setia-Nya.

  • Aku hendak mengagungkan Dikau, ya Allah, ya Rajaku, aku hendak memuji nama-Mu untuk selama-lamanya. Tuhan itu baik kepada semua orang, penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya.
  • Segala yang Kaujadikan akan bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau. Mereka akan mengumumkan kemuliaan Kerajaan-Mu, dan akan membicarakan keperkasaan-Mu.
  • Untuk memberitahukan keperkasaan-Mu kepada anak-anak manusia, dan memaklumkan Kerajaan-Mu yang semarak mulia. Kerajaan-Mu ialah kerajaan abadi, pemerintahan-Mu lestari melalui segala keturunan.

Bait Pengantar Injil: Yesaya 45:8

Ref. Alleluya, alleluya

Hai langit, turunkanlah embunmu, hai awan, hujankanlah keadilan. Hai bumi, bukalah dirimu, dan tumbuhkanlah keselamatan.

Bacaan Injil Kamis 9 Desember 2021: Matius 11:11-15

Tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis.

Pada suatu hari Yesus berkata kepada orang banyak, “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar daripada Yohanes Pembaptis. Namun, yang terkecil dalam Kerajaan Surga lebih besar daripadanya. Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Surga dirongrong, dan orang yang merongrongnya mencoba menguasainya. Sebab semua kitab para nabi dan kitab Taurat, bernubuat hingga tampilnya Yohanes. Dan jika kalian mau menerimanya, Yohanes itulah Elia yang akan datang itu. Barangsiapa bertelinga hendaklah ia mendengar!”

Demikianlah Injil Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik Kamis 9 Desember 2021

Dalam hidup ini, ada banyak orang yang berpandangan bahwa uang dan harta adalah segalanya. Karena itu, orang mulai mengalihkan tujuan hidupnya, yakni untuk memiliki uang dan harta sebanyak-banyaknya. Semua jalan dan cara ditempuh, asal bisa bikin kaya. Namun, orang sering kali lupa bahwa kekayaan tak pernah membikin orang puas. Apalagi jika kekayaan yang dimiliki itu merupakan hasil dari kerja tak halal. Orang demikian akan hidup dalam ketidaknyamanan. Ia tak bakal tenang.

Hal berbeda justru dialami oleh mereka yang mengandalkan Allah dalam hidupnya. Bagi mereka, Tuhanlah segalanya. Hidup, meskipun serba kekurangan, tetapi akan dijalankan dengan penuh sukacita. Orang tidak takut menghadapi masa depan yang belum jelas. Orang percaya bahwa Allah yang diandalkannya tentu akan menolong. Allah mungkin tidak akan memberi secara berkelimpahan, tetapi akan memberikan segala sesuatu berkecukupan. Orang juga yakin bahwa Allah tidak akan meninggalkan dirinya dalam menghadapi kesulitan maupun perjuangan hidup.

Kita berharap dengan menjadikan Allah segala-galanya dalam hidup ini, semoga kelak kita mendapat bagian dalam Kerajaan surga dan memandang Pencipta kita dalam Kemuliaan-Nya.

”Janganlah takut. Akulah yang menolong engkau!” Inilah pesan yang sangat kuat bahwa Allah akan menolong dan tidak akan meninggalkan umat-Nya. Ia berjanji bahwa umat-Nya tidak akan kehausan, sungai-sungai akan mengalirkan air, mata air akan membual di tengah daratan, padang gurun akan menjadi telaga dan memancarkan air dari tanah kering. Inilah jaminan-Nya kepada umat yang membuka diri untuk mendengar-Nya. Kuasa-Nya sedemikian besar melampaui kekuatan manusia dan alam.

Jaminan seperti ini tidak selalu mudah kita mengerti, terutama ketika kita kehilangan seseorang yang dicintai atau pekerjaan atau rumah atau tabungan atau ketika kita tidak mempunyai makanan, dsb. Rasanya lebih mudah bagi kita untuk lebih berfokus pada kesusahan, duka nestapa, ketidaknyamanan hidup dan kebutuhan-kebutuhan hidup yang harus segera dipenuhi daripada mendengarkan janji-janji Allah dan berharap pada jaminan-Nya. Kita juga bisa menjadi putus asa menyaksikan situasi masyarakat yang penuh kemiskinan, ketidakadilan, keserakahan, kekejaman, kekerasan, penipuan, dsb.

Masa Adven ini mengajak kita untuk meningkatkan iman dan pengharapan kita bahwa atas cara-Nya sendiri Allah akan menolong dan tidak akan meninggalkan kita. Kita diajak untuk mendengarkan suara-Nya dengan iman. ”Barangsiapa bertelinga hendaklah ia mendengar!”

Doa Renungan Harian Katolik

Allah Bapa kami di surga, gerakkanlah hati kami untuk menyiapkan jalan bagi Putra-Mu yang tunggal. Semoga berkat kedatangan-Nya kami dapat mengabdi kepada-Mu dengan hati yang murni. Ya Tuhan, berbelaskasihlah terhadap aku yang lemah dan kecil ini dengan anugerah-Mu yang besar, supaya aku mendapat bagian dalam kebahagiaan kekal di surga. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Bacaan Selanjutnya: Renungan Harian Katolik Jumat 10 Desember 2021

Renungan Harian Katolik Kamis 9 Desember 2021

Daftar Bacaan Liturgi dan Renungan Harian Katolik Bulan September 2021 ->> Klik Disini




Download di Play Store ->> KLIK DISINI