Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beatifikasi Yohanes Paulus I Diharapkan Sebelum Paskah

Menurut laporan, proses beatifikasi telah selesai dan hanya membutuhkan persetujuan akhir dari Paus Fransiskus.

Beatifikasi Yohanes Paulus I Diharapkan Sebelum Paskah
Yohanes Paulus I

Paus Yohanes Paulus I, yang adalah Penerus Petrus hanya selama 33 hari sebelum menderita serangan jantung fatal pada tahun 1978, akan dibeatifikasi pada Paskah berikutnya, menurut laporan.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Rabu 13 Oktober 2021

Dikutip dari ilmessaggero.it melaporkan bahwa semua yang tersisa dalam proses adalah persetujuan akhir dari Paus Fransiskus, dan tanggal dapat ditetapkan.

Menariknya, mukjizat yang akan membuka jalan bagi beatifikasi Yohanes Paulus I terjadi di negara asal dan keuskupan Paus saat ini. Seorang gadis disembuhkan pada tahun 2011 dari ensefalopati di Keuskupan Buenos Aires.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Kamis 14 Oktober 2021

Seperti yang selalu terjadi dalam penyebab beatifikasi, penyelidikan menyeluruh diperlukan untuk mengusulkan Yohanes Paulus I. Di antara mereka yang diajak berkonsultasi adalah Benediktus XVI.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Jumat 15 Oktober 2021

Lahir dengan nama Albino Luciani pada 17 Oktober 1912, ia menjadi imam di Keuskupan Feltre, Italia pada 1935. Pada tahun 1958, ia diangkat menjadi uskup dan kemudian dinobatkan sebagai Patriark Venesia. Dia diangkat menjadi kardinal pada tahun 1963, dan terpilih menjadi Tahta Petrus pada saat kematian Paulus VI pada tanggal 26 Agustus 1978.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Sabtu 16 Oktober 2021

Meskipun dia baru berusia 65 tahun, dia mengalami serangan jantung kurang dari sebulan kemudian dan meninggal pada tanggal 28 September 1987. Paus Yohanes Paulus II terpilih untuk menggantikannya.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Minggu 17 Oktober 2021